Kamis 13 Oct 2022 18:15 WIB

Turis Luar Angkasa Pertama akan Kembali Berwisata, Kali Ini Keliling Bulan

Dennis Tito mendaftar untuk berkeliling bulan di atas kapal luar angkasa Elon Musk

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Dennis Tito akan ke bulan bersama istri dan 10 orang lainnya dengan roket SpaceX.
Foto: Wikipedia/NASA
Dennis Tito akan ke bulan bersama istri dan 10 orang lainnya dengan roket SpaceX.

REPUBLIKA.CO.ID, CAPE CANAVERAL -- Turis luar angkasa pertama di dunia ingin kembali terbang ke luar angkasa. Hanya saja kali ini dia mendaftar untuk berkeliling bulan di atas kapal luar angkasa Elon Musk. Dia akan membawa istrinya untuk menikmati perjalanan yang mengeluarkan banyak uang itu.

Bagi Dennis Tito yang berusia 82 tahun, ini adalah kesempatan untuk menghidupkan kembali kegembiraan perjalanannya ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Dia tidak tertarik untuk melompat dalam penerbangan 10 menit ke tepi ruang angkasa atau mengulangi yang dilakukan 21 tahun yang lalu.

Perjalanan ke bulan selama seminggu akan membawanya dalam jarak 200 kilometer dari sisi jauh bulan. Dia akan ditemani istrinya, Akiko dan 10 orang lainnya untuk perjalanan itu.

Tito tidak mengatakan berapa yang dia bayar tetapi penerbangan dari stasiun Rusia sebelumnya menelan biaya 20 juta dolar AS. Pasangan ini menyadari bahwa masih ada banyak pengujian dan pengembangan di depan untuk Starship, raksasa berbentuk peluru mengkilap yang bahkan belum mencoba mencapai ruang angkasa.

"Kita harus tetap sehat selama bertahun-tahun karena SpaceX akan menyelesaikan kendaraan ini,” kata Tito dalam wawancara minggu ini dengan Associated Press.

“Saya mungkin duduk di kursi goyang, tidak melakukan latihan yang baik, jika bukan karena misi ini," ujarnya.

Tito sebenarnya adalah miliarder kedua yang membuat reservasi Starship untuk penerbangan mengelilingi bulan. Taipan Jepang Yusaku Maezawa mengumumkan pada 2018 bahwa dia membeli seluruh penerbangan sehingga dia bisa membawa delapan atau lebih orang lain bersamanya, lebih disukai artis.

Kedua pria itu sebelumnya telah terbang ke stasiun luar angkasa dari Kazakhstan di atas roket Rusia, terpisah 20 tahun. Tito memulai pariwisata luar angkasa pada 2001, menjadi orang pertama yang membayar sendiri ke luar angkasa dan memusuhi NASA dalam prosesnya.

Badan antariksa Amerika Serikat (AS) itu tidak ingin turis berkeliaran saat stasiun sedang dibangun. Hanya saja Badan Antariksa Rusia membutuhkan uang tunai dan dengan bantuan Space Adventures yang berbasis di AS, meluncurkan serangkaian klien kaya ke stasiun tersebut melalui tahun 2000-an dan, setahun yang lalu dengan menarik minat Maezawa.

Pelanggan kaya sedang mencicipi selera ruang yang lebih singkat dengan perusahaan roket Blue Origin milik Jeff Bezos. Virgin Galactic milik Richard Branson mengharapkan untuk menerima penumpang yang membayar tahun depan.

Starship belum diluncurkan di atas booster Super Heavy dari ujung selatan Texas, dekat perbatasan Meksiko. Dengan daya dorong lepas landas 120 meter dan 7,7 juta kilogram, ini adalah roket terbesar dan terkuat yang pernah dibuat. NASA telah mengontrak Starship untuk mendaratkan astronotnya di bulan pada 2025 atau lebih, dalam pendaratan bulan pertama sejak Apollo.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement