Sabtu 15 Oct 2022 18:19 WIB

Indonesia Day Promosikan Budaya Indonesia di Jepang

Selain itu juga terdapat pertunjukan angklung dari JEI Angklung.

Bendera merah putih.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Bendera merah putih.

REPUBLIKA.CO.ID, TORIDE - Indonesia Day untukpertama kalinya digelar di Toride, Ibaraki, Jepang, Sabtu (15/10/2022) sebagai ajang untuk mempromosikan budaya Indonesia.

"Saya penduduk Toride dan saya belum pernah lihat orang Indonesia dan makanan Indonesia di sini. Saya pikir ini harus diselenggarakan tapi karena tahun kemarin ada corona, saya beranikan tahun ini," kata Ketua Penyelenggara Yulia Rosa kepada Antara di Toride, Sabtu.

Baca Juga

Dia menambahkan, acara tersebut juga berangkat dari keinginan untuk melakukan kembali hobinya sejak kecil, yaitu menari saat mulai tinggal di Jepang 22 tahun silam.

Dari situ ia tergabung dalam sanggar budaya Duta Melati di Jepang dan menggelar acara tersebut.

Yulia berharap lebih banyak orang Jepang yang mengenal budaya Indonesia, bukan hanya Bali melainkan beragam budaya dari setiap daerah.

"Harapan saya di masa depan orang Jepang lebih banyak mengenal budaya Indonesia karena mereka banyaknya hanya tahu Bali padahal kita punya banyak budaya, tarian-tarian dan sebagainya," katanya.

Yulia mengatakan, pihaknya akan mengadakan acara serupa tahun depan dengan cakupan yang lebih besar lagi.

Indonesia Day menampilkan berbagai pertunjukan budaya, mulai dari tari-tarian dari berbagai daerah, seperti Bali, Jawa Barat, Sulawesi Selatan dan Lampung.

Selain itu juga terdapat pertunjukan angklung dari JEI Angklung, gamelan dari Duta Melati dan Genjek Bali dari Bli Bagus.

Tidak hanya itu, bazar yang terdiri dari berbagai gerai juga turut meramaikan, di antaranya ada yang menjual kuliner Indonesia, seperti bakso, nasi goreng, serta makanan khas Jepang yang halal.

Pengunjung baik warga negara Indonesia (WNI) di Jepang maupun warga Jepang hadir dan menikmati pertunjukan serta kuliner Indonesia.

Acara ditutup dengan Tari Maumere bersama yang dipandu oleh Ketua Penyelenggara Yulia Rosa dan jebolan ajang pencarian bakat Lastmi AFI serta diikuti para pengunjung.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement