Selasa 18 Oct 2022 03:50 WIB

UEA Tandatangani Perjanjian dengan WHO Bangun Rumah Sakit di Yerusalem

UEA berkomitmen membantu layanan kesehatan di Yerusalem Palestina

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
 Bendera UEA. UEA berkomitmen membantu layanan kesehatan di Yerusalem Palestina
Foto: EPA-EFE/ALI HAIDER
Bendera UEA. UEA berkomitmen membantu layanan kesehatan di Yerusalem Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI — Uni Emirat Arab (UEA) menandatangani perjanjian senilai 25 juta dolar AS (Rp 386 miliar) dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada hari Senin (17/10) untuk mendukung Rumah Sakit Makassed di Yerusalem Timur.

Perjanjian tersebut, yang difasilitasi oleh Koordinator Khusus PBB untuk Proses Perdamaian Timur Tengah (UNSCO), datang sebagai bagian dari upaya UEA untuk meningkatkan sektor perawatan kesehatan di Palestina, menurut pernyataan resmi di Kantor Berita Emirates (WAM).

Baca Juga

Asisten Menteri Luar Negeri UEA dan Kerjasama Internasional untuk Urusan Pembangunan Internasional, Sultan Mohammed Al-Shamsi, mengatakan kontribusi tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi sekitar 130 ribu pasien dengan peningkatan layanan medis di rumah sakit.

“Perjanjian itu berada dalam kerangka komitmen permanen, historis, dan konsisten UEA untuk memenuhi kebutuhan rakyat Palestina, khususnya di sektor kesehatan,” kata Al-Shamsi dilansir dari Arab News, Senin (17/10/2022).

Dalam sebuah pernyataan, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan pandemi Covid-19 telah menunjukkan bahwa kesehatan bukanlah kemewahan, tetapi hak asasi manusia, dan itu adalah pusat pembangunan.

Kepala kantor WHO untuk Tepi Barat dan Gaza, Rik Peeperkorn, mengatakan kontribusi UEA akan membantu mempertahankan pengiriman segera layanan kesehatan penting di Rumah Sakit Al Makassed.

“Ini juga akan meningkatkan kualitas Departemen Obstetri dan Ginekologi Al Makassed dan membantu pelatihan dokter spesialis untuk seluruh Palestina,” katanya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Rumah Sakit Al Makassed, Dr. Adnan Farhoud, berterima kasih kepada UEA atas kontribusinya, dengan mengatakan bahwa hal itu akan mengubah operasi dan layanan rumah sakit.

 

 

Sumber: arabnews

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement