Ahad 23 Oct 2022 07:30 WIB

Menteri Wang Yi Masih Bertahan di Jajaran Elite Komite Sentral Partai Komunis China

Yang Jiechi sudah tidak masuk dalam daftar di komite sentral.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi.
Foto: AP Photo/Heng Sinith
Menteri Luar Negeri China Wang Yi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Nama Menteri Luar Negeri China Wang Yi masih bertahan di antara 205 anggota Komite Sentral ke-20 Partai Komunis China (CPC) untuk periode 2022-2027 yang ditetapkan di Beijing, Sabtu.

Diplomat karier berusia 69 tahun tersebut sebelumnya juga menduduki posisi sama pada periode lima tahun sebelumnya sebagai anggota Komite Sentral ke-19 CPC. Sementara seniornya, Yang Jiechi sudah tidak lagi tampak namanya dalam daftar anggota Komite Sentral ke-20 CPC.

Baca Juga

Wang Yi disebut-sebut bakal menduduki kursi anggota Biro Politik Komite Sentral CPC yang ditinggalkan oleh Yang Jiechi yang kini telah berusia 72 tahun itu.

Sementara itu, nama Gubernur Daerah Otonomi Xinjiang Erken Tuniyaz masuk dalam daftar nama anggota Komite Sentral.

Dia mewakili etnis minoritas Muslim Uighur di jajaran elite partai penguasa tunggal di China yang memiliki anggota sekitar 93 juta orang itu.

Sebelumnya nama Perdana Menteri Li Keqiang dan Ketua Majelis Permusyawaratan Politik China (CPPCC) Wang Yang juga tidak tampak dalam daftar susunan anggota Komite Sentral ke-20 CPC tersebut.

Pada periode lima tahun sebelumnya nama Li Keqiang dan Wang Yang tercatat dalam keanggotaannya di Komite Sentral ke-19 CPC. Nasib yang sama juga dialami oleh Ketua Kongres Nasional China (NPC) Li Zhanshu.

Politikus asal Provinsi Hebei berusia 72 tahun tersebut sebelumnya juga tercatat sebagai anggoa Komite Sentral ke-19.

Dalam struktur keanggotaan Komite Sentral ke-20 CPC yang untuk ketiga kalinya dipimpin oleh Xi Jinping tampaknya terjadi perubahan yang cukup mencolok. Politikus senior sudah mulai banyak yang dipensiunkan.

Namun nama Zhang Youxia yang sudah berusia 72 tahun tetap dipertahankan dalam struktur keanggota Komite Sentral yang baru. Zhang sampai saat ini masih menjabat Wakil Ketua Komisi Pusat Militer. Komisi ini diketuai oleh Xi Jinping.

Penetapan 205 nama anggota Komisi Sentral bersama dengan jajaran anggota Komisi Pusat CPC untuk Pengawasan Disiplin (CCDI) dilakukan pada saat penutupan Kongres Nasional ke-20 CPC yang berlangsung di Balai Agung Rakyat, Beijing, Sabtu.

Perubahan Anggaran Dasar CPC yang makin mengokohkan posisi Xi Jinping sebagai Sekretaris Jenderal CPC untuk periode ketiganya itu juga menjadi satu agenda yang diputuskan dalam kongres yang dihadiri 2.296 delegasi CPC.

Beberapa nama dari 205 nama anggota Komite Sentral CPC tersebut bakal dipilih lagi untuk menduduki posisi Komite Tetap Biro Politik yang merupakan jajaran tertinggi dalam struktur Partai Komunis China itu pada Ahad (23/10).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement