Ahad 23 Oct 2022 22:15 WIB

Militan Palestina Tewas dalam Ledakan di Tepi Barat

Seorang pemimpin kelompok militan Palestina tewas di Tepi Barat

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani
 Tentara Israel mengambil posisi selama bentrokan dengan pengunjuk rasa Palestina di kota Hebron, Tepi Barat
Foto: EPA-EFE/ABED AL HASHLAMOUN
Tentara Israel mengambil posisi selama bentrokan dengan pengunjuk rasa Palestina di kota Hebron, Tepi Barat

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Seorang pemimpin kelompok militan Palestina tewas di Tepi Barat yang diduduki dalam ledakan yang diduga ditargetkan oleh Israel, Ahad (23/10/2022) malam waktu setempat. Tamer Kilani merupakan pemimpin kelompok "Den of Lions" di kota Nablus yang tewas terkena bom.

Nablus merupakan wilayah yang kerap menjadi titik panas bentrokan antara militan Palestina dan Pasukan Keamanan Israel. Kilani dikatakan tewas ketika sebuah bom yang ditempatkan di sepeda motor yang diparkir di dekatnya meledak.

Militer Israel menolak berkomentar soal ledakan tersebut. Namun seorang juru bicara militer Israel mengatakan bahwa militer beroperasi melawan teror sepanjang waktu.

"Bom meledak saat dia lewat dan dia menjadi syahid," kata ayah Kilani, Sufian Kilani. Ia tidak berada di lokasi saat bom meledak. "Kami tidak tahu apakah bom itu diatur waktunya atau dipicu dari jarak jauh," lanjutnya.

Kekerasan terbaru pada Ahad terjadi menyusul ketegangan beberapa bulan yang semakin dalam sejak pasukan Israel memulai tindakan keras di Tepi Barat pada Maret sebagai tanggapan atas serangkaian serangan oleh warga Palestina di Israel. The "Den of Lions", sekelompok pria bersenjata Nablus dengan afiliasi faksi yang longgar, dalam sebuah pernyataan berjanji untuk merespons yang keras dan menyakitkan ke Israel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement