Jumat 28 Oct 2022 06:07 WIB

Gunung Berapi Aktif Terbesar di Dunia Kemungkinan Meletus

Mauna Loa juga memiliki sejarah mengeluarkan lava dalam jumlah besar.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Muhammad Akbar
Peta Hawaii, lokasi gunung Mauna Loa.
Foto: usgs.gov
Peta Hawaii, lokasi gunung Mauna Loa.

REPUBLIKA.CO.ID, HONOLULU -- Pejabat Hawaii memperingatkan penduduk Big Island bahwa gunung berapi aktif terbesar di dunia Mauna Loa mengirimkan sinyal bahwa mungkin akan meletus.

Para ilmuwan mengatakan letusan tidak akan terjadi, tetapi waspada karena lonjakan gempa bumi baru-baru ini di puncak gunung berapi.

Observatorium Gunung Api Hawaii mengatakan, Mauna Loa telah berada dalam kondisi yang meningkat sejak pertengahan bulan lalu. Jumlah gempa bumi puncak melonjak dari 10-20 per hari menjadi 40-50 per hari.

Para ilmuwan percaya lebih banyak gempa bumi terjadi karena lebih banyak magma mengalir ke sistem reservoir puncak Mauna Loa dari titik panas di bawah permukaan bumi yang memberi makan batuan cair ke gunung berapi Hawaii. Frekuensi gempa telah menurun dalam beberapa hari terakhir tetapi bisa meningkat lagi.

Magno menyatakan, gunung berapi membentuk 51 persen dari daratan Pulau Hawaii, sehingga sebagian besar pulau berpotensi terkena letusan.

Mauna Loa berada 4.169 meter di atas permukaan laut dan menjadi tetangga yang jauh lebih besar dari gunung berapi Kilauea yang meletus di lingkungan perumahan dan menghancurkan 700 rumah pada 2018.

Beberapa lerengnya jauh lebih curam daripada Kilauea sehingga ketika meletus, lavanya bisa mengalir lebih cepat. Selama letusan pada 1950, aliran lava gunung Honokua menempuh jarak 24 kilometer ke laut dalam waktu kurang dari tiga jam.

Para ahli mengatakan hanya butuh beberapa jam bagi lahar untuk mencapai rumah-rumah yang paling dekat dengan ventilasi di gunung berapi yang terakhir meletus pada 1984.

Badan pertahanan sipil Hawaii pun mengadakan pertemuan di seluruh pulau memberi pengarahan tentang cara mempersiapkan kemungkinan keadaan darurat.

Pemerintah merekomendasikan memiliki tas darurat dengan isi makanan, mengidentifikasi tempat tinggal setelah meninggalkan rumah, dan membuat rencana untuk berkumpul kembali dengan anggota keluarga.

“Jangan membuat panik semua orang, tetapi mereka harus menyadari bahwa Anda tinggal di lereng Mauna Loa. Ada potensi bencana lahar,” kata administrator Pertahanan Sipil Hawaii Talmadge Magno.

Magno mengatakan, Pertahanan Sipil Hawaii sedang berbicara dengan penduduk sekarang karena komunitas yang paling dekat dengan ventilasi kemungkinan tidak akan memiliki cukup waktu untuk belajar cara merespons dan bersiap setelah observatorium menaikkan tingkat siaganya ke "waspada".

Perubahan ini berarti letusan akan segera terjadi. Tingkat siaga saat ini adalah "peringatan" yang berarti gunung berapi menunjukkan tanda-tanda gangguan meski tidak ada indikasi letusan mungkin atau pasti.

Lebih dari 220 orang menghadiri pertemuan komunitas akhir pekan lalu yang diadakan oleh pejabat pertahanan sipil kabupaten di Ocean View. Wilayah itu dapat dijangkau lava dalam beberapa jam jika batuan cair meletus melalui ventilasi di sisi barat daya Mauna Loa.

Lava dari sisi timur laut Mauna Loa bisa memakan waktu berhari-hari atau berminggu-minggu untuk mencapai komunitas perumahan. Lereng gunung di sisi itu relatif landai dan karena kota-kota lebih jauh dari ventilasi vulkanik.

Ahli geologi penelitian di Observatorium Gunung Api Hawaii Frank Trusdell mengatakan, semua letusan Mauna Loa dalam sejarah yang tercatat telah dimulai di kawah puncaknya.

Sekitar setengah dari kawah itu berada di sana, sementara setengah lainnya kemudian memuntahkan lava dari ventilasi yang lebih rendah dari gunung. Lava yang meletus dari puncak umumnya tidak melakukan perjalanan cukup jauh untuk mencapai daerah pemukiman.

Mauna Loa telah meletus 33 kali sejak 1843. Terakhir meletus pada 1984 ketika lava mengalir ke sisi timurnya hanya untuk berhenti 7,2 kilometer dari Hilo, kota terpadat di Big Island.

Mauna Loa juga memiliki sejarah mengeluarkan lava dalam jumlah besar. Pada letusan 1950 yang berlangsung selama 23 hari, Mauna Loa mengeluarkan 1.000 meter kubik lava per detik. Sebaliknya, Kilauea melepaskan 300 meter kubik per detik pada 2018.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement