Selasa 01 Nov 2022 00:05 WIB

Malaysia Temukan Empat Kasus Covid-19 Subvarian Omicron XBB, Satu di Antaranya Reinfeksi

Satu dari empat pasien tersebut merupakan kasus infeksi ulang omicron XBB.

Covid-19 (ilustrasi). Empat warga negara Malaysia mengalami demam dan sakit tenggorokan ketika terinfeksi SARS-CoV-2 varian omicron xbb.
Foto: www.pixabay.com
Covid-19 (ilustrasi). Empat warga negara Malaysia mengalami demam dan sakit tenggorokan ketika terinfeksi SARS-CoV-2 varian omicron xbb.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) mengatakan telah mendeteksi empat kasus Covid-19 subvarian omicron XBB. Kasus tersebut diduga berperan memicu gelombang kecil kenaikan kasus di negara tersebut.

"Kami berpandangan bahwa tren (peningkatan kasus Covid-19) masih akan didorong oleh penularan varian omicron, dan kami meneliti bahwa yang menyebabkan peningkatan kasus adalah subvarian XBB yang telah menyebabkan peningkatan gelombang di Singapura baru-baru ini," kata Menteri Kesehatan Khairy Jamaluddin dalam keterangan pers di Putrajaya, Senin (31/10/2022).

Baca Juga

Singapura baru saja melewati gelombang XBB, yang memakan waktu tiga hingga empat pekan sebelum kasus penularan Covid-19 di sana menurun. Berdasarkan hasil penelitian genom, Institut Penelitian Medis telah mendeteksi empat kasus XBB di Malaysia, yang terdiri dari tiga pasien laki-laki dan satu perempuan dengan usia 25-51 tahun.

Keempatnya merupakan warga negara Malaysia dan dikelompokkan sebagai pasien kategori 2, yaitu mengalami gejala demam dan sakit tenggorokan ringan. Mereka menjalani isolasi selama sepekan, dan kontak dekat juga sudah terkawal, menurut Khairy.

Menurut Khairy, satu dari empat pasien tersebut merupakan kasus infeksi berulang. Ia mengatakan subvarian XBB dikenal sama dengan varian-varian sebelumnya, tetapi dapat menjangkiti lagi pasien Covid-19 yang sudah sembuh.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement