Selasa 01 Nov 2022 04:00 WIB

Bella Hadid Tawarkan Bantuan untuk Keluarga Mendiang Jurnalis Palestina Shireen Abu Akleh

Jurnalis Aljazirah Shireen Abu Akleh terbunuh saat meliput di Jenin pada 11 Mei 2022.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Reiny Dwinanda
Model keturunan Palestina, Bella Hadid. Bertemu dengan keluarga jurnalis Aljazirah Palestina yang terbunuh oleh tentara Israel, Shireen Abu Akleh, di Qatar, Bella menawarkan bantuannya.
Foto:

Mendarat di Qatar pada pekan lalu, Bella sejak itu telah menghadiri acara budaya Palestina dan mengikuti acara seni lokal. Dia sering angkat bicara untuk membela orang-orang Palestina yang hidup di bawah penindasan Israel, utamanya melalui Instagram.

Jurnalis Aljazirah Shireen Abu Akleh ditembak mati oleh pasukan Israel pada 11 Mei saat meliput serangan Israel di Jenin. Setelah berbulan-bulan penyangkalan, Israel mengakui salah satu tentaranya kemungkinan membunuh wartawan itu, tetapi mengklaim itu salah. Namun, para saksi mata mengatakan Shireen--yang jelas-jelas mengenakan rompi PRESS pada saat penembakan itu--menjadi sasaran pembunuhan.

Shireen telah bergabung di jaringan pan-Arab Aljazirah selama 25 tahun. Sosoknya dihormati oleh orang-orang Palestina sebagai pahlawan karena jurnalismenya. Pembunuhan Shireen semakin memperkeruh hubungan yang sudah tegang antara militer Israel dan wartawan yang meliput kenyataan pahit pendudukan terbuka Israel selama 55 tahun atas tanah Palestina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement