Selasa 01 Nov 2022 04:50 WIB

GCC Dukung Qatar Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Qatar dinilai sedang membuat kesuksesan baru dengan jadi tuan rumah Piala Dunia.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Reiny Dwinanda
Warga berswafoto di sekitar lokasi Jam Hitung Mundur Piala Dunia Qatar 2022 di Doha, Qatar, pada 20 Oktober 2022.
Foto: EPA-EFE/NOUSHAD THEKKAYIL
Warga berswafoto di sekitar lokasi Jam Hitung Mundur Piala Dunia Qatar 2022 di Doha, Qatar, pada 20 Oktober 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Sekretaris Jenderal Dewan Kerjasama Teluk (GCC), Nayef Al-Hajraf, menyatakan dukungannya untuk Qatar yang bersiap menjadi tuan rumah Piala Dunia. Langkah ini disebut sebagai sumber kebanggan warganya.

Blok Teluk beranggotakan enam negara itu mendukung Doha dalam mengatasi setiap campur tangan dalam urusan internalnya. Pernyataan ini keluar setelah adanya tuduhan dari menteri Jerman yang mengkritisi capaian Qatar ini.

Baca Juga

"Qatar sedang menuju membuat kesuksesan baru, dan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 adalah sumber kebanggaan yang hebat," kata Al-Hajraf dilansir Middle East Monitor, Senin (31/10/2022).

Sebelumnya, kritik datang menyusul pernyataan yang dibuat oleh Menteri Dalam Negeri Jerman Nancy Faeser tentang hak Qatar untuk menjadi tuan rumah acara semacam itu. Dalam sebuah wawancara dengan jaringan ARD pada Kamis (27/10/2022), Faeser mempertanyakan kepantasan Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia sepak bola.

"Ada kriteria yang harus dipatuhi dan akan lebih baik jika turnamen tidak diberikan kepada negara bagian seperti itu," ujar Faeser.

Menyusul pernyataan Faeser, Qatar pada Jumat lalu memanggil duta besar Jerman untuk Doha. Qatar memprotes komentar Faeser.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement