Rabu 02 Nov 2022 00:55 WIB

Norwegia akan Lanjutkan Dana Bantuan Konservasi Hutan Amazon ke Brasil

Pada 2019, Norwegia menghentikan subsidi perlindungan hutan Amazon

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Hutan hujan Amazon
Foto:

Menurut laporan MapBiomas Brasil, Amazon kehilangan 18 pohon per detik tahun lalu. Laporan mereka yang dirilis pada 18 Juli lalu mengungkapkan, Brasil kehilangan sekitar 16.667 kilometer persegi atau 1,65 juta hektare vegetasi asli pada 2021. Cakupan tersebut lebih besar daripada luas negara Irlandia Utara. Pada 2020, luas hutan yang hilang mencapai 13.789 kilometer persegi.

Menurut MapBiomas, hampir 60 persen lahan yang mengalami deforestasi pada 2021 berada di Amazon. "Di Amazon saja, 111,6 hektare per jam atau 1,9 hektar per menit telah digunduli, yang setara dengan sekitar 18 pohon per detik," ungkap MapBiomas, sebuah jaringan LSM, universitas, dan perusahaan teknologi yang bekerja sama memahami transformasi teritorial Brasil lewat pemetaan lahan rutin, dikutip laman TRT World.

MapBiomas mengatakan, perambahan hutan untuk pertanian menjadi penyebab utama deforestasi. Praktik tersebut menyumbang 97 persen penggundulan hutan di Amazon. Penambangan ilegal juga merupakan faktor utama.

Dalam tiga tahun terakhir, deforestasi di Brasil mencapai sekitar 42 ribu kilometer persegi atau hampir seluas Rio de Janeiro. Data dari National Institute of Space Research (INPE) menunjukkan, antara Januari dan Juni 2022, penggundulan hutan Amazon di Brasil mencapai 3.988 kilometer persegi.

Pemerintahan Jair Bolsonaro dianggap berperan penting dalam isu deforestasi Amazon. Menurut data statistik pemerintah Brasil, rata-rata deforestasi tahunan Amazon meningkat sebesar 75 persen selama kepresidenan Bolsonaro dibandingkan dengan satu dekade sebelumnya.

Para pemerhati lingkungan menuduh Bolsonaro secara aktif mendorong deforestasi untuk keuntungan ekonomi. Selain itu pemerintahan Bolsonaro dituduh melemahkan lembaga penelitian dan perlindungan hutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement