Kamis 03 Nov 2022 23:00 WIB

PM Kanada akan Hadir KTT ASEAN, KTT G20, dan APEC

Tidak diumumkan apakah PM Kanada akan bertemu dengan pimpinan negara lain.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.
Foto: Sean Kilpatrick/The Canadian Press via AP
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau akan menghadiri KTT G20 di Bali. Selain menghadiri KTT tersebut, Trudeau juga akan menghadiri KTT Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Kamboja dan Pertemuan Pemimpin Ekonomi Kerja Sama Ekonomi (APEC) di Bangkok, Thailand.

"Perdana Menteri Justin Trudeau mengumumkan bahwa ia akan berpartisipasi dalam KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, KTT G20 di Bali, dan APEC di Bangkok," kata pernyataan resmi kantor PM Kanada, dikutip laman TASS, Kamis (3/11/2022).

Baca Juga

Kendati begitu, pernyataan tersebut tidak menentukan dengan para pemimpin negara mana Trudeau berencana untuk bertemu di KTT itu. KTT G20 akan diadakan di Bali pada 15 hingga 16 November, KTT ASEAN akan berlangsung pada 12 hingga 13 November, Pertemuan Pemimpin Ekonomi APEC akan dimulai pada 18 hingga 19 November.

Melansir situs resmi kantor perdana menteri Kanada, selama perjalanannya Trudeau akan terus terus membela perdamaian, keamanan, demokrasi dan hak asasi manusia. Ia juga akan tegas mengambil tindakan iklim yang ambisius untuk mempercepat transisi ke ekonomi yang lebih bersih, menangani ketahanan pangan dan energi, dan bekerja untuk membuat hidup lebih baik dan lebih terjangkau bagi masyarakat.

"Perdana Menteri akan menyoroti pentingnya terus bekerja dengan sekutu dan mitra untuk mendukung Ukraina, dan negara-negara lain yang paling terkena dampak perang, serta tetap bersatu dalam menghadapi agresi Rusia," kata pernyataan tersebut.

Kanada juga akan terus bekerja sama dengan mitra global dan demokrasi di seluruh dunia untuk mengatasi tantangan dunia. Ini seraya dilakukan sambil bangkit untuk memenuhi peluang di masa mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement