Kamis 10 Nov 2022 19:55 WIB

Sean Penn Pinjamkan Piala Oscar ke Zelenskyy Sampai Ukraina Menang Perang

Zelenskyy memberikan penghargaan Order of Merit Ukraina kepada Sean Penn.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
Dalam foto ini disediakan oleh Kantor Pers Kepresidenan Ukraina, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, kanan, berpose dengan aktor AS Sean Penn setelah menerima patung Oscar terakhir dan menyerahkannya gelar Order of Merit, III selama pertemuan mereka di Kyiv, Ukraina, Selasa, November 8, 2022.
Foto: Ukrainian Presidential Press Office via AP
Dalam foto ini disediakan oleh Kantor Pers Kepresidenan Ukraina, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, kanan, berpose dengan aktor AS Sean Penn setelah menerima patung Oscar terakhir dan menyerahkannya gelar Order of Merit, III selama pertemuan mereka di Kyiv, Ukraina, Selasa, November 8, 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Aktor Hollywood Sean Penn meminjamkan salah satu dari dua piala Oscar miliknya kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Penn mengatakan, piala itu dipinjamkan hingga Ukraina meraih kemenangan atas perang melawan Rusia.

"Ketika Anda menang, bawa kembali ke Malibu," ujar Penn kepada Zelenskyy.

Baca Juga

Kantor Zelenskyy pada Rabu (9/11/2022) merilis video pertemuan selama kunjungan terakhir Penn ke Ukraina. Ini adalah kunjungan ketiga Penn sejak dimulainya perang pada 24 Februari. 

"Oscar adalah simbol keyakinan dalam kemenangan negara kita," kata Zelenskyy.

Penn telah terlibat dalam berbagai upaya kemanusiaan dan anti-perang internasional selama bertahun-tahun. Dia membuat film dokumenter tentang invasi Rusia ke Ukraina pada awal invasi. 

"Setiap kali saya meninggalkan Ukraina, saya merasa seperti pengkhianat. Tetapi jika saya tahu ini (Piala Oscar) ada di sini bersamamu, maka saya akan merasa lebih baik," kata Penn sambil mengeluarkan Piala Oscar itu dari tas hitam dan meletakkannya di atas meja  Zelenskyy.  

“Ketika Anda menang, bawa kembali ke Malibu.  Karena saya merasa jauh lebih baik mengetahui ada bagian dari diri saya di sini," tambah Penn.

Zelenskyy awalnya ragu untuk menerima piala itu. Dia mengatakan, kepercayaan Penn memberikan piala menandakan bahwa Ukraina harus menang dengan cepat.

"Kita harus menang, cepat," ujar Zelenskyy. 

Penn telah memenangkan dua Academy Awards sebagai aktor terbaik, yaitu pada tahun 2003 untuk film "Mystic River" dan pada 2008 untuk film "Milk." Penn adalah salah satu orang pertama yang mengunjungi Ukraina setelah pasukan Rusia menginvasi negara itu. Dia telah menggarap sebuah film dokumenter tentang invasi tersebut.

Zelenskyy memberikan penghargaan Order of Merit Ukraina kepada Penn. Penghargaan ini diberikan kepada warga negara untuk pencapaian luar biasa di bidang ekonomi, sains, budaya, atau aktivitas militer atau politik. Penghargaan ini diinisiasi oleh mantan Presiden Ukraina Leonid Kuchma pada 1996. Penerima penghargaan ini antara lain akademisi dan penulis Ukraina, serta komandan militer era Soviet.

Video yang dirilis oleh kantor kepresidenan kemudian menunjukkan Penn dan Zelenskyy berjalan di sekitar Kiev. Mereka berada di Lapangan Konstitusi, yang terletakdi seberang gedung parlemen Ukraina dan istana kepresidenan. Di lapangan itu terdapat "Walk of the Brave" yaitu ​​jalan setapak yang dilapisi dengan plakat untuk menghormati para pemimpin dunia yang telah menunjukkan solidaritas dengan Ukraina.  

Jalan setapak itu diresmikan pada Agustus. Sebuah plakat persegi yang diletakkan di jalan itu dengan nama Penn dan tanggal 24 Februari 2022, yang menandai awal invasi. Sambil menunjuk plakat itu, Penn mengatakan kepada Zelenskyy bahwa ada tiga tempat di dunia yang menjadi sumber kebanggaannya, yaitu tempat putrinya lahir, tempat putranya lahir, dan Walk of the Brave.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement