Rabu 16 Nov 2022 19:55 WIB

G-20 Sepakat Batasi Kenaikan Suhu Bumi 1,5 Derajat Celsius

G20 sepakat mempercepat upaya menghentikan penggunaan batu bara secara bertahap.

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Para pemimpin 20 perekonomian terbesar di dunia atau G-20 di Bali sepakat untuk mengejar target membatasi kenaikan suhu bumi 1,5 derajat Celsius.
Foto: EPA
Para pemimpin 20 perekonomian terbesar di dunia atau G-20 di Bali sepakat untuk mengejar target membatasi kenaikan suhu bumi 1,5 derajat Celsius.

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA -- Para pemimpin 20 perekonomian terbesar di dunia atau G-20 di Bali sepakat untuk mengejar target membatasi kenaikan suhu bumi 1,5 derajat Celsius. Termasuk dengan mempercepat upaya menghentikan penggunaan batu bara secara bertahap.

"Kami memutuskan untuk mengejar upaya untuk membatasi kenaikan suhu 1,5 derajat Celsius," kata deklarasi yang dikeluarkan di akhir pertemuan G-20. "Ini akan membutuhkan upaya efektif dan berarti dan komitmen dari semua negara."

Deklarasi para pemimpin yang dikeluarkan dalam pertemuan di Bali ini mendesak delegasi di pertemuan perubahan iklim PBB atau COP27 di Mesir "segera meningkatkan" upaya mereka dalam memitigasi dan beradaptasi pada perubahan iklim.

Deklarasi itu juga mengacu pada kebutuhan mempercepat "upaya menghentikan penggunaan bahan bakar batu bara secara bertahap, sesuai dengan situasi nasional dan mengakui kebutuhan untuk mendukung transisi yang adil."

Bulan lalu Utusan khusus isu Perubahan Iklim Amerika Serikat (AS) John Kerry mengatakan beberapa negara menolak target untuk membatasi kenaikan suhu bumi 1,5 derajat Celsius dalam teks resmi pertemuan Iklim COP27 di Mesir. Negara-negara itu meminta agar kata-katanya tidak dituturkan secara langsung.

"Anda sangat benar, terdapat beberapa negara, meski hanya beberapa, mereka mengangkat isu untuk tidak menyinggung kata ini atau itu," katanya Kerry ketika ditanya tentang beberapa pemerintah yang menolak kata-kata target 1,5 Celsius dicantumkan, dalam konferensi pers.

"Namun pada faktanya, kata-kata itu diadopsi (di pertemuan) Glasgow, bahasanya ada di sana, dan saya tahu, Mesir tidak berniat menjadi negara tuan rumah yang mundur dari apa yang telah kami capai di Glasgow," kata Kerry menyinggung pertemuan tahun lalu di Skotlandia.

Dalam pertemuan PBB di Prancis tahun 2015 lalu pemerintah di seluruh dunia sepakat untuk membatasi kenaikan suhu bumi rata-rata 1,5 derajat Celsius. Kesepakatan yang dinamakan Perjanjian Prancis itu dianggap sebagai terobosan besar dalam ambisi internasional dalam mengatasi perubahan iklim.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement