REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI — Sekelompok pengunjung di sebuah restoran di Abu Dhabi membayar 615.065 dirham atau sebesar Rp 2,6 miliar untuk tagihan makan malam.
Insiden yang terjadi di Nusr-Et Steakhouse di Abu Dhabi dan tagihan di restoran tersebut telah menjadi viral di platform media sosial.
Restoran steak ini dimiliki dan dijalankan oleh Nusret Gokce alias Salt Bae, seorang tukang daging, koki, dan pemilik restoran Turki yang tampan.
Nusret memiliki cabang restoran steak yang tersebar di seluruh dunia.
Nusret turun ke Instagram dan membagikan tagihannya. Dia menulis, “Kualitas tidak pernah mahal #saltbae #saltlife #salt…” dengan gambar tagihan.
Berbicara tentang tagihan, pesanan paling mahal adalah minuman botol Petrus, anggur Prancis yang sangat kaya, kuat, dan pekat. Alasan harga yang begitu tinggi adalah karena hampir tidak ada botol yang diproduksi setiap tahun.
Tagihan tersebut mengungkapkan bahwa lima botol Petrus berharga itu dibandrol 325 ribu dirham (Rp 1,3 miliar) sedangkan dua botol Petrus 2009 harganya dibandrol 200 ribu dirham (Rp 854 juta).
Minuman beralkohol lainnya berjumlah 45 ribu dirham (Rp 192 juta) dan satu Chateau Margaux berharga 15.500 dirham (Rp 66,2 juta).
Hidangan mahal lainnya adalah 15 baklava emas, yang berjumlah 5.850 dirham (Rp 24 juta). Item termurah dalam tagihan hanyalah heineken.
Identitas pengunjung tidak diungkapkan tetapi tanda terima setengah juta dirham menjadi viral.
Pengguna media sosial membagikan reaksi mereka terhadap RUU tersebut dengan sebagian besar dari mereka mengkritik pengeluaran yang boros.
Aboubaker Lachgar berkata di Instagram, “Sebanyak 90 persen dari che ini hanya alkohol, kualitas apa yang kamu bicarakan ?? Apakah Anda memproduksi Petrus Louis 13?” Viktoria Vabishchevych menulis, “170 ribu dolar, hal paling bodoh yang pernah dihabiskan untuk toilet. Ya benar, makanan berkualitas bagus harus ada dalam menu harian Anda. Organik 100 persen. Tapi menurut saya sapi termahal pun tidak akan menghabiskan uang ini selamat bagi Nusr_Et untuk menghasilkan uang dan bisnis secara umum. Tapi tolong setidaknya sembunyikan dari orang-orang. Ada perbedaan besar dari kaya ke miskin. Pikirkan tentang orang-orang yang bahkan tidak pernah melihat steak daging seumur hidup mereka. Mereka bahkan senang jika mereka memiliki roti…”
Michelle Elise berkata, “Ini gila. Ini bahkan bukan tentang makanan enak. Ini hanya harga kriminal. Semua ego. Mengapa Anda tidak mengambil sebagian dari uang yang Anda peroleh dari orang kaya yang tidak masuk akal itu dan memberi makan anak-anak yang kelaparan di negara-negara dunia ketiga dan membangun sekolah dan rumah sakit untuk mereka.”
Yang lain mencemooh status.
Satu orang menulis, “Kapan Anda beralih dari menjual steak mahal ke anggur…?”
Klaim Nusret untuk ketenaran bukan hanya steaknya yang menggiurkan, melainakn tekniknya dalam menyiapkan dan membumbui daging yang telah menggemparkan internet.
Di usianya yang baru 36 tahun, jaringan restorannya yang sukses menarik selebriti seperti Leonardo Dicaprio, Lionel Messi, dan DJ Khalid yang sama terpikatnya dengan Nusret seperti kita.
Sumber: gulftoday