Senin 05 Dec 2022 09:17 WIB

Iran Eksekusi Empat Orang Terduga Mata-Mata Intelijen Israel

Iran eksekusi 4 orang yang dituduh bekerja untuk badan intelijen Israel Mossad

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi agen Mossad.
Foto:

Israel dan Iran adalah musuh bebuyutan regional. Teheran kadang-kadang mengumumkan penahanan terhadap orang-orang yang katanya menjadi mata-mata untuk negara asing, termasuk Washington dan Tel Aviv. Iran tidak mengakui keberadaan Israel dan mendukung kelompok bersenjata anti-Israel di seluruh wilayah, seperti Hizbullah dan Hamas.

Sedangkan Israel memandang Iran sebagai ancaman terbesarnya dan telah berulang kali mengancam akan mengambil tindakan militer untuk mencegah Iran memperoleh senjata nuklir. Iran membantah sedang mencari senjata semacam itu dan telah bersumpah akan menanggapi keras setiap agresi Israel.

Israel mengatakan pada awal 2022, telah membubarkan jaringan mata-mata Iran yang merekrut perempuan Israel melalui media sosial untuk memotret situs-situs sensitif, mengumpulkan intelijen, dan mendorong putranya untuk bergabung dengan intelijen militer Israel. Sedangkan Iran mengatakan pada Juli menyatakan, telah menangkap anggota kelompok bersenjata yang terkait dengan Mossad setelah menyelinap ke Iran dari seberang perbatasan baratnya.

Baca juga : Iran Bangun PLTN Baru

Israel juga secara teratur melakukan serangan terhadap kelompok-kelompok militan di negara tetangga Suriah. Iran telah menjadi pendukung utama Presiden Suriah Bashar Assad selama perang saudara 11 tahun di negara itu, mengirim ribuan pejuang yang didukung Iran dari seluruh wilayah untuk berperang bersama pasukannya. Pejabat Israel jarang membahas operasinya tetapi mengatakan di masa lalu bahwa akan bekerja untuk mencegah kubu Iran di Suriah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement