Selasa 06 Dec 2022 06:32 WIB

Ukraina Serang Dua Pangkalan Udara Rusia

Serangan Ukraina ini menewaskan tiga prajurit dan melukai empat lainnya.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Roket AGM-88B HARM terletak di lapangan dekat Snihurivka, Ukraina, Ahad, 4 Desember 2022.
Foto:

Rentetan rudal baru telah diantisipasi di Ukraina selama berhari-hari dan itu terjadi tepat saat pemadaman darurat akan berakhir.dengan kerusakan sebelumnya diperbaiki. Serangan itu membuat bagian Ukraina kembali ke kegelapan yang membekukan dengan suhu sekarang di bawah nol celcius.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyatakan, sekitar empat orang meninggal dunia dalam serangan rudal Rusia. Sebagian besar korban berjatuhan dari sekitar 70 rudal ditembak jatuh.

Rudal juga menghantam fasilitas energi di wilayah Kiev dan Vinnytsia di Ukraina tengah, Odesa di selatan dan Sumy di utara. Sebanyak 40 persen dari wilayah ibu kota tidak memiliki listrik.

Ukraina baru saja kembali ke pemadaman listrik terjadwal dari Senin, daripada pemadaman darurat yang dideritanya sejak serangan Rusia yang meluas pada 23 November yang menjadi serangan terburuk terhadap infrastruktur energi yang dimulai pada awal Oktober. Moskow telah menghantam infrastruktur energi Kiev kira-kira setiap minggu sejak awal Oktober karena terpaksa mundur di beberapa medan perang.

Rusia mengatakan serangan itu dirancang untuk menurunkan militer Ukraina. Ukraina mengatakan, serangan itu jelas ditujukan pada warga sipil dan dengan demikian merupakan kejahatan perang.

Baca juga : Israel Hancurkan Terminal Komersial Gaza

Angkatan Udara Ukraina mengatakan telah menjatuhkan lebih dari 60 dari lebih dari 70 rudal yang ditembakkan oleh Rusia pada Senin. Serangan ini menjadi yang terbaru dalam beberapa minggu yang menargetkan infrastruktur kritisnya yang telah memutus aliran listrik, panas, dan air ke banyak bagian negara itu.

"Orang-orang kami luar biasa," tulis Kepala Staf Kepresidenan Ukraina Andriy Yermak. 

 

sumber : Reuters

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement