Kamis 08 Dec 2022 09:25 WIB

Uni Eropa Sepakat Maskapai Bayar Lebih untuk Emisi Karbon

Maskapai akan membayar izin CO2 dan memberikan insentif pada UE untuk kurangi polusi.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Pesawat Lufthansa di bandara internasional di Frankfurt am Main, Jerman, 02 September 2022. Uni Eropa (UE) mencapai kesepakatan tentang undang-undang untuk menaikkan harga yang harus dibayar maskapai penerbangan pada Rabu (7/12/2022).
Foto: EPA-EFE/RONALD WITTEK
Pesawat Lufthansa di bandara internasional di Frankfurt am Main, Jerman, 02 September 2022. Uni Eropa (UE) mencapai kesepakatan tentang undang-undang untuk menaikkan harga yang harus dibayar maskapai penerbangan pada Rabu (7/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Uni Eropa (UE) mencapai kesepakatan tentang undang-undang untuk menaikkan harga yang harus dibayar maskapai penerbangan pada Rabu (7/12/2022) dini hari. Harga tersebut dibayar karena pengeluaran emisi karbon dioksida yang memanaskan planet.

Maskapai yang menjalankan penerbangan di Eropa saat ini harus mengajukan izin dari pasar karbon UE untuk menutupi emisi karbon dioksidanya. Namun UE memberikan maskapai sebagian besar izin tersebut secara gratis.

Baca Juga

Aturan tersebut berubah berdasarkan undang-undang yang disepakati oleh negosiator dari negara-negara UE dan Parlemen Eropa. Mereka sekarang akan secara resmi menyetujui undang-undang tersebut sebelum diberlakukan.

Kesepakatan bersama ini memuat penghapusan izin gratis tersebut pada 2026 secara bertahap. Izin gratis akan dipotong sebesar 25 persen pada 2024 dan 50 persen pada 2025. Keputusan terbaru ini menempatkan maskapai penerbangan harus membayar izin CO2, memberikan insentif keuangan bagi UE untuk mengurangi polusi.

Sebanyak 20 juta izin gratis CO2 gratis akan tersedia dari 2024-2030 ke maskapai penerbangan yang menggunakan bahan bakar penerbangan berkelanjutan (SAF). Tindakan ini dilakukan untuk sebagian mengkompensasi perbedaan harga antara SAF dan minyak tanah bahan bakar fosil yang jauh lebih murah.

"Kami mendukung sektor ini melalui proses transisi hijau," kata kepala negosiator parlemen UE Suncana Glavak.

Grup industri Airlines untuk Eropa menyatakan sangat kecewa dengan rencana untuk menghapus izin gratis pada 2026. "Ini jauh sebelum solusi dekarbonisasi yang benar-benar efektif akan tersedia pada skala yang dibutuhkan agar efektif," kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan.

UE sejauh ini telah membatasi pasar karbonnya untuk mencakup emisi dari penerbangan di dalam UE. Namun para negosiator setuju untuk menilai pada 2026 apakah skema badan penerbangan Perserikatan Bangsa-Bangsa (ICAO) untuk mengimbangi emisi CO2 penerbangan internasional berada di jalur yang tepat untuk menghasilkan emisi nol bersih pada 2050. Jika hasilnya tidak, UE akan mengusulkan perluasan pasar karbonnya untuk menutupi emisi dari semua penerbangan yang melakukan perjalanan.

Para juru kampanye iklim menyesalkan bahwa penerbangan internasional tidak akan ditambahkan ke pasar karbon lebih awal. "Rata-rata keluarga Eropa akan terus membayar lebih banyak untuk emisi CO2 daripada penumpang penerbangan jarak jauh," kata direktur penerbangan di grup nirlaba Transport and Environment Jo Dardenne.

Maskapai penerbangan juga harus mulai melaporkan polutan lain termasuk nitrogen oksida dan partikel jelaga mulai 2025. Perencanaan UE pada 2028 akan mengusulkan penambahan emisi tersebut ke pasar karbon.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement