Selasa 13 Dec 2022 09:33 WIB

Turki Temukan 150 Juta Barel Cadangan Minyak

Minyak senilai 12 miliar dolar AS itu dikatakan ditemukan di gunung tenggara Turki.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan bahwa Turki menemukan 150 juta barel cadangan minyak bersih.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan bahwa Turki menemukan 150 juta barel cadangan minyak bersih.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan bahwa Turki menemukan 150 juta barel cadangan minyak bersih. Minyak senilai 12 miliar dolar AS itu dikatakan ditemukan di gunung tenggara negaranya.

"Kami menemukan 150 juta barel cadangan minyak bersih di Gunung Gabar. Ini adalah salah satu dari 10 penemuan darat teratas pada tahun 2022. Nilai cadangannya sekitar 12 miliar dolar," kata Erdogan setelah rapat Kabinet di ibu kota Ankara, dikutip laman Anadolu Agency, Selasa (13/12/2022).

Baca Juga

"Kami memproduksi 5.000 barel (minyak) per hari di empat sumur di wilayah ini, yang memiliki kualitas minyak yang sangat tinggi," ujarnya melanjutkan.

Erdogan mengatakan, produksi harian Perusahaan Minyak Turki sekitar 40 ribu barel lima tahun lalu. Angka ini meningkat menjadi 65 ribu barel per hari ini.

Ankara bertujuan untuk meningkatkan produksi hariannya menjadi 100 ribu barel dalam peringatan seratus tahun Republik Turki. Menurut presiden, lebih banyak penelitian seismik, lebih banyak pengeboran, dan metode peningkatan produktivitas akan dilakukan negaranya.

"Sementara banyak perusahaan minyak dan gas alam menyerah selama pandemi, Minyak Turki mempercepat kegiatan eksplorasi dan produksinya. Dengan 34 penemuan lagi pada tahun 2021 saja, kami menambahkan 71 juta barel lagi ke cadangan kami saat ini,” kata Erdogan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement