Sabtu 17 Dec 2022 15:08 WIB

Pentagon Belum Temukan Ada Alien di Bumi

Pentagon menyebut sejauh ini tidak ada bukti adanya kehidupan alien di Bumi.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Aliens/ilustrasi
Aliens/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Badan di bawah Pentagon yang didirikan untuk melacak laporan benda terbang tak dikenal telah menerima beberapa ratus laporan baru. Namun, sejauh ini badan itu menyatakan, tidak ada bukti adanya kehidupan alien di Bumi.

"Kami belum melihat apa-apa, dan kami masih sangat awal, yang akan membuat kami percaya bahwa salah satu objek yang kami lihat berasal dari alien," kata Wakil Menteri Pertahanan untuk Intelijen dan Keamanan Ronald Moultrie.

"Sistem apa pun yang tidak sah di wilayah udara kami, kami anggap sebagai ancaman terhadap keselamatan," ujarnya.

Badan yang dibuat khusus untuk menangani masalah tersebut adalah Anomaly Resolution Office (AARO) yang didirikan pada Juli. Badan ini bertanggung jawab untuk tidak hanya melacak objek tak dikenal di langit, tetapi juga di bawah air atau di luar angkasa atau berpotensi objek yang memiliki kemampuan untuk berpindah dari satu domain ke domain lain.

Badan tersebut didirikan setelah lebih dari satu tahun memperhatikan objek terbang tak dikenal yang telah diamati oleh pilot militer tetapi terkadang enggan melaporkannya karena takut akan stigma. Pada Juni 2021, Kantor Direktur Intelijen Nasional melaporkan bahwa antara 2004 hingga 2021, ada 144 pertemuan seperti itu, 80 di antaranya ditangkap dengan berbagai sensor.

"Kami memiliki lebih banyak pelaporan," kata direktur kantor AARO Sean Kirkpatrick menegaskan beberapa ratus laporan telah terjadi sejak pendirian badan tersebut.

AARO didirikan tidak hanya untuk memeriksa pertanyaan apakah ada kehidupan di luar bumi. Badan ini juga karena risiko keamanan yang ditimbulkan oleh begitu banyak pertemuan dengan benda terbang tak dikenal oleh instalasi militer atau pesawat militer.

Bulan Mei, Kongres mengadakan dengar pendapat pertamanya dalam lebih dari setengah abad mengenai topik tersebut. Banyak anggota menyatakan keprihatinan bahwa apakah benda tersebut asing atau berpotensi baru, teknologi tidak dikenal yang diterbangkan oleh China, Rusia, atau musuh potensial lainnya yang tidak diketahui yang menimbulkan risiko keamanan.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement