Ahad 18 Dec 2022 07:07 WIB

Youtuber Barat Kagumi Toilet di Qatar Cebok Pakai Air, Bukan Kertas

Salah satu netizen membalas dengan menyebut 1,6 miliar Muslim telah lakukan itu.

Kicauan David Vujanic
Foto: Tangkapan Layar Twitter
Kicauan David Vujanic

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Youtuber kelahiran Serbia David Vujanic menjadi bahan perbincangan dunia maya baru-baru ini. Bukan karena kicauan tentang sepakbola sebagai spesialisasinya, melainkan status ia tentang toilet.

Vujanic mengagumi toilet Qatar yang menggunakan semprotan air. Berbeda ketika di Eropa atau Inggris yang hanya pakai kertas toilet.  "Selama sebulan menggunakan toilet 'bum shower' di Qatar selama sebulan. Saya benar-benar ngeri kita hanya menggunakan kertas toilet di Eropa/Inggris. 'This is the best thing ever man;," kicau David Vujanic pada 14 Desember lalu.

Baca Juga

Status Vujanic pun viral. Ada lebih dari 2 ribu komentar yang ada di statusnya tersebut.  Salah satunya dikomentari oleh akun @Ano_Hilmy. Menurut akun itu, 1,6 milar Muslim telah melakukan bersih-bersih selepas 'buang air' dengan menggunakan air karena jauh lebih higienis.

"This is what 1.6 billion Muslims (male, female, old, young, rich or poor, black or white, east or west) do everyday. Happy for you guys finally discovered basic hygiene.

Next quest "Wuḍū," kicaunya.

Akun lain juga bertanya-tanya bagaimana orang Eropa dan Amerika bisa-bisanya hanya menggunakan tisu toilet untuk membersihkan area kotor. Tisu dan air merupakan hal terbaik untuk kebersihan yang lebih higienis. 

"1 thing that makes me sick about Europe n America is how  can they just rely on tissue paper to clean d dirty area ! Tissue plus water is d best combo to b used for proper hygiene !"

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement