Rabu 21 Dec 2022 23:41 WIB

Kongres El Salvador Menyetujui Sistem Pensiun

Sistem pensiun disetujui kongres El Salvador.

Rep: Lintar Satria/ Red: Muhammad Hafil
Skema dana pensiun (ilustrasi)
Foto: www.bamlawca.com
Skema dana pensiun (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,SAN SALVADOR -- Kongres El Salvador menyetujui kenaikan pensiun dan pembentukan entitas untuk mengawasi pendapatan pensiunan. Meski dikritik keras pakar yang berpendapat langkah itu tidak cukup.

Salah satu reformasi yang diusulkan Presiden Nayib Bukele adalah kenaikan uang pensiun sebesar 30 persen dan batas atas 3.000 dolar AS per bulan.

Baca Juga

Berdasarkan pernyataan pemerintah uang pensiun minimal naik dari 304 dolar menjadi 400 dolar per bulan. Pemerintah mengatakan, sekitar 100 ribu orang yang sudah melewati batas usia kerja tidak berhenti bekerja karena uang pensiun yang tidak cukup.

Populasi El Salvador sekitar 6,7 juta orang. Kongres juga mendukung pembentukan Institut Dana Pensiun Salvador, entitas yang akan mengawasi sistem dana pensiun dan dana pensiun swasta.

"(Reformasi) tidak menyediakan respons komprehensif pada masalah struktural sistem dana pensiun mengenai cakupan, kecukupan, kesetaraan, dan keberlanjutan," kata ekonom dari lembaga think tank Institute for Fiscal Studies, Ricardo Castaneda, Rabu (21/2/2022). Sejak 1998 sistem dana pensiun El Salvador dikelola swasta. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement