Ahad 25 Dec 2022 07:07 WIB

Surat Kabar Inggris Minta Maaf Atas Opini tentang Meghan Markle

Regulator Inggris IPSO mengajukan keluhan soal artikel tentang Meghan

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Meghan Markle dalam serial dokumenternya untuk Netflix, Harry & Meghan.
Foto: Tangkapan layar Netflix
Meghan Markle dalam serial dokumenternya untuk Netflix, Harry & Meghan.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Surat kabar Inggris meminta maaf menerbitkan opini presenter Jeremy Clarkson tentang istri Pangeran Harry yakni Meghan Markle. Permintaan maaf ini disampaikan beberapa hari setelah regulator standar pers Inggris, Independent Press Standards Organisation (IPSO) mengajukan keluhan tentang artikel tersebut. "Kami The Sun menyesal menerbitkan artikel ini dan meminta maaf dengan tulus," tulis surat kabar itu dalam pernyataannya, Sabtu (24/12/2022).

The Sun menambahkan artikel tersebut sudah dihapus di situs dan arsip mereka. Clarkson yang dikenal lewat acara otomotif Top Gear mempublikasikan kolom pekan lalu. "Pada malam hari saya tidak bisa tidur saat berbaring di sana, menggeretakkan gigi saya dan memimpin hari saat ia diarak telanjang di setiap jalan di kota-kota Inggris sementara warga menyorakinya 'memalukan!' dan melemparinya dengan kotoran," tulis Clarkson.

Baca Juga

Pada Kamis (22/12) lalu IPSO mengatakan mereka menerima 17.500 keluhan tentang artikel Clarkson itu. Keluhan terbanyak sejak lembaga tersebut didirikan pada 2014 lalu.

Lebih dari 60 anggota parlemen menandatangani surat yang ditulis ketua Komite Terpilih Kesetaraan dan Perempuan parlemen Caroline Nokes pada redaksi The Sun. Surat itu memperingatkan artikel semacam itu berkontribusi pada iklim kebencian dan kekerasan terhadap perempuan. Clarkson meminta maaf di akun Twitter. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement