Selasa 27 Dec 2022 08:50 WIB

Sejarah Hari Ini: Apollo 8 Kembali ke Bumi

Misi berawak pertama ke bulan, Apollo 8 kembali dengan selamat ke Bumi.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani
Pada 27 Desember misi berawak pertama ke bulan, Apollo 8, kembali dengan selamat ke Bumi.
Foto: EPA-EFE/CRISTOBAL HERRERA-ULASHKEVICH
Pada 27 Desember misi berawak pertama ke bulan, Apollo 8, kembali dengan selamat ke Bumi.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK - Pada 27 Desember misi berawak pertama ke bulan, Apollo 8, kembali dengan selamat ke Bumi. Pesawat luar angkasa tersebut melalui perjalanan bersejarah selama enam hari.

Dilansir History, Selasa (27/12/2022), dimulai pada 21 Desember, Apollo 8 diluncurkan oleh roket Saturn 5 tiga tahap dari Cape Canaveral, Florida. Misi itu membawa astronaut Frank Borman, James Lovell, Jr., dan William.

Pada Malam Natal, para astronaut memasuki orbit mengelilingi bulan. Ini menjadi pesawat ruang angkasa berawak pertama yang melakukannya.

Selama 10 orbit bulan Apollo 8, gambar televisi dikirim kembali dan foto spektakuler diambil dari Bumi dan bulan dari pesawat ruang angkasa.  Selain menjadi manusia pertama yang melihat secara langsung dunia asal mereka secara keseluruhan, ketiga astronaut tersebut juga menjadi yang pertama melihat sisi jauh bulan. 

Pada pagi Natal, Apollo 8 meninggalkan orbit bulannya dan memulai perjalanannya kembali ke Bumi. Apollo 8 akhirnya mendarat dengan selamat di Samudra Pasifik pada 27 Desember. Pada 20 Juli tahun berikutnya, Neil A. Armstrong dan Edwin "Buzz" Aldrin, astronaut dari misi Apollo 11, menjadi manusia pertama yang berjalan di bulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement