Selasa 27 Dec 2022 14:50 WIB

Wilayah Selatan Australia Alami Gelombang Panas Pertama Musim Panas

Gelombang panas yang parah bisa berakibat fatal terutama bagi orang tua dan anak-anak

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha
Orang-orang terlihat di pantai Port Melbourne di Melbourne, Australia, 27 Desember 2022. Peringatan gelombang panas telah dikeluarkan untuk Australia Barat, Australia Selatan, Victoria, dan Tasmania dengan suhu 8C hingga 16C di atas rata-rata.
Foto:

Menteri layanan ambulans Victoria mengatakan, suhu tubuh anak-anak dapat meningkat empat atau lima kali lebih cepat daripada orang dewasa. Ia juga melarang anak tidak boleh ditinggalkan di mobil yang diparkir.

"Sederhana saja: jangan pernah meninggalkan anak Anda sendirian di dalam mobil, konsekuensinya bisa mematikan," kata Gabrielle Williams pada Selasa.

Melbourne dan Victoria bagian utara dan barat diprediksi menghadapi puncak panas antara 37 derajat Celcius dan 41 derajat Celcius pada Selasa. Perkiraan perubahan dingin yang melanda negara bagian pada Rabu diperkirakan akan membawa hujan dan hembusan angin hingga 90 km per jam melintasi area yang lebih tinggi.

 

Biro Meteorologi mengatakan, angin yang merusak dan badai petir yang parah dapat menimbulkan risiko. "Kami memiliki peringkat bahaya kebakaran yang tinggi di Mallee, Wimmera, dan distrik kebakaran pedesaan utara hari ini dan besok dengan suhu panas dan angin yang meningkat," kata Christie Johnson dari biro Meteorologi, Selasa. “Jadi itu adalah sesuatu yang kami ingin agar orang-orang benar-benar berhati-hati."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement