Rabu 28 Dec 2022 15:06 WIB

DKI Jakarta Siagakan 461 Pompa Keliling Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem

Dinas SDA mencatat sebanyak 185 pompa keliling siap beroperasi dan 253 pompa keliling

Red: Nur Aini
Petugas memeriksa pompa air mobile di Kawasan Cipinang Melayu,Kalimalang, Jakarta, Jumat (14/1/2022). Untuk mengoptimalkan penanganan genangan dan banjir, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta menyiagakan 454 pompa mobile yang  tersebar di 5 kota Adminstrasi Jakarta.Prayogi/Republika.
Foto: Prayogi/Republika.
Petugas memeriksa pompa air mobile di Kawasan Cipinang Melayu,Kalimalang, Jakarta, Jumat (14/1/2022). Untuk mengoptimalkan penanganan genangan dan banjir, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta menyiagakan 454 pompa mobile yang tersebar di 5 kota Adminstrasi Jakarta.Prayogi/Republika.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menyiagakan sebanyak 461 pompa keliling yang tersebar di lima wilayah Ibu Kota untuk mengantisipasi dampak cuaca ekstrem yang diperkirakan berlangsung hingga awal Januari 2023. "Selain itu kami memiliki 502 unit pompa tetap (stasioner) yang tersebar di 181 lokasi," kata Kepala Dinas SDA Yusmada Faizal di Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Dinas SDA mencatat sebanyak 185 pompa keliling siap beroperasi dan 253 pompa keliling disiagakan yang sewaktu-waktu dapat digunakan. Pihaknya juga menyiagakan sebanyak 4.179 pasukan biru di lapangan yang berada di enam wilayah DKI Jakarta. Selain itu, ada juga 1.753 orang operator pompa dan pintu air di lima wilayah di DKI Jakarta.

Baca Juga

Dinas SDA DKI juga menyiagakan alat berat sebanyak 230 unit, serta da 464 truk sampah yang biasanya digunakan mengangkut limbah dari hasil pengerukan sungai atau kali. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI menyebutkan berdasarkan data BMKG, potensi curah hujan dengan intensitas lebat dan sangat lebat dapat terjadi disertai kilat dan angin kencang di Ibu Kota berlangsung 27 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

Sementara itu, BMKG menyebutkan DKI Jakarta termasuk daerah yang masuk potensi cuaca ekstrem pada 28-30 Desember 2022 dengan status siaga. Cuaca ekstrem tersebut berpeluang menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi berupa banjir, genangan, dan tanah longsor.

BMKG menjelaskan potensi cuaca ekstrem ini dipicu oleh aktifnya sejumlah fenomena dinamika atmosfer di sekitar wilayah Indonesia yang berpotensi signifikan terhadap peningkatan curah hujan di beberapa wilayah. Pemicunya di antaranya peningkatan aktivitas Monsun Asia yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia bagian barat, tengah dan selatan.

Selain itu, meningkatnya intensitas fenomena seruakan dingin yang disertai dengan potensi arus lintas ekuatorial sehingga aliran massa udara dingin dari Asia memasuki wilayah Indonesia juga dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan. Hal itu terutama di wilayah Indonesia bagian barat dan tengah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement