Jumat 30 Dec 2022 07:45 WIB

Jumlah Orang Palestina di Seluruh Dunia Capai 14,3 Juta

Tujuh juta warga Palestina merupakan diaspora yang tinggal di berbagai belahan dunia.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
bendera palestina
Foto: www.worldbulletin.net
bendera palestina

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Jumlah orang Palestina di seluruh dunia telah mencapai 14,3 juta. Menurut laporan tahunan Biro Pusat Statistik Palestina (PCBS) lebih dari setengah total populasi tinggal di wilayah Palestina yang bersejarah.

Laporan PCBS yang diterbitkan pada Kamis (28/12/2022) mengungkapkan 5,4 juta warga Palestina saat ini tinggal di dalam wilayah Palestina. Sementara itu, tujuh juta warga Palestina merupakan diaspora yang tinggal di berbagai belahan dunia.

"Sekitar 7 juta warga Palestina masih tinggal di diaspora dan bermimpi untuk kembali ke tanah air mereka, dan lebih dari 2,2 juta warga Palestina diisolasi di Jalur Gaza," ujar Kepala PCBS, Ola Awad, dilaporkan Middle East Monitor, Kamis (28/12/2022).

Total populasi Palestina di seluruh dunia mencapai sekitar 14 juta tahun lalu. Jumlah ini menunjukkan bahwa populasi Palestina meningkat sepuluh kali lipat sejak peristiwa Nakba 1948. Menurut statistik PCBS, lebih dari sepertiga populasi Palestina berusia kurang dari 15 tahun.

Berdasarkan statistik ini, penduduk Palestina berjumlah sekitar 50 persen. Sedangkan penduduk Israel berjumlah 50,1 persen dari populasi. Israel telah mencaplok lebih dari 85 persen total wilayah Palestina yang bersejarah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement