Sabtu 07 Jan 2023 13:18 WIB

Kebakaran Besar, 100-an Lapak di Pasar Youtefa, Jayapura Ludes

Api diduga berasal dari salah satu lapak yang berjualan pakaian, dan cepat menyebar.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kondisi bangunan Pasar Youtefa, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Ahad (9/1/2022), sebelum terbakar.
Foto: ANTARA/Adharnazamudin
Kondisi bangunan Pasar Youtefa, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Ahad (9/1/2022), sebelum terbakar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Sekitar 100-an lapak di Pasar Youtefa, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Sabtu (7/1/2023) pagi WIB, ludes terbakar. Kapolsek Abepura AKP Suparmanto, menduga, api yang menyebabkan terbakarnya lapak di Pasar Youtefa Abepura akibat hubungan arus pendek listrik.

Dari laporan yang diterimanya, api berasal dari salah satu lapak yang berjualan pakaian. Kemudian, si jago merah dengan cepat menjalar akibat kencangnya angin serta kondisi lapak dan barang jualan pedagang yang mudah terbakar.

"Walaupun ada dugaan akibat arus konsleting listrik namunmasih menunggu laporan lengkap dari anggota yang saat ini masih melakukan penyelidikan sekaligus pendataan, " kata Suparmanto di Distrik Abepura, Kota Jayapura, Sabtu.

Kabid Damkar Kota Jayapura, Margaretha Veronita Kirana menambahkan, api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 08.30 WIT. Hal itu setelah mobil kebakaran dibantu dengan water canon dikerahkan untuk memadamkan. "Saat ini api sudah berhasil dipadamkan namun belum dapat dipastikan berapa banyak lapak yang terbakar," jelas Margaretha.

Hingga Sabtu, tercatat empat kali kebakaran di wilayah Kota Jayapura yakni di Koya Barat, Tanah Hitam, Bse G, dan Pasar Youtefa. Warga pun diimbau waspada dengan insiden kebakaran.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement