Sabtu 07 Jan 2023 21:47 WIB

Tiga Tahun Ditutup, Jalur Laut China-Taiwan Akhirnya Dibuka

Kapal penumpang yang menempuh jalur China-Taiwan juga beroperasi kembali.

Jalur perairan laut yang menghubungkan China daratan dan Pulau Taiwan resmi dibuka setelah hampir tiga tahun tutup.
Foto: Xu Wei/Xinhua via AP
Jalur perairan laut yang menghubungkan China daratan dan Pulau Taiwan resmi dibuka setelah hampir tiga tahun tutup.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Jalur perairan laut yang menghubungkan China daratan dan Pulau Taiwan resmi dibuka setelah hampir tiga tahun tutup. Kapal penumpang rute beberapa wilayah di Provinsi Fujian, China, menuju Kepulauan Kinmen dan Matsu di Taiwan mulai beroperasi kembali pada Sabtu (7/1/2023).

Pengoperasian kapal feri tersebut untuk memenuhi warga kepulauan itu bertemu sanak saudaranya pada musim liburan Tahun Baru Imlek sebagaimana laporan CCTV, berdasarkan laporan media penyiaran resmi pemerintah China. Feri Xiamen-Kinmen memulai operasi pertamanya pada Sabtu. Selanjutnya kapal tersebut akan melalukan perjalanan satu kali pergi dan pulang setiap hari.

Baca Juga

Selain dari Xiamen, kapal penumpang dari Fuzhou, Provinsi Fujian, juga akan kembali berlayar ke Pulau Matsu pada Ahad (8/1/2023. Sebelumnya, juru bicara Kantor Urusan Taiwan Dewan Pemerintah China Zhu Fenglian memastikan tidak adanya hambatan dari pihak Daratan dalam memulihkan perjalanan langsung antara Provinsi Fujian dan beberapa daerah di Kinmen dan Matsu.

Jalur tersebut ditutup sejak Februari 2020 saat pandemi COVID-19 mulai mewabah. Rute tersebut bagian dari kebijakan "mini three link" sejak 2001 yang menghubungkan jalur perdagangan langsung, layanan pos, dan transportasi antara Kepulauan Kinmen dan Matsu dengan beberapa kota di Provinsi Fujian.

Di sisi lain, sekitar 2,1 miliar perjalanan orang atau trip akan terjadi selama musim mudik libur Tahun Baru Imlek ke berbagai daerah di China yang dikenal dengan istilah Chunyun. Kementerian Transportasi China (MOT) dalam jumpa pers tersebut memperkirakan akan terjadi 2,09 miliar perjalanan penumpang selama musim Chunyun tahun ini atau meningkat 99,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Penumpang pesawat dan kereta api serta pengguna jalan raya akan meningkat 70,3 persen dibandingkan sebelum pandemi pada 2019, demikian Xu Chengguang dari MOT yang bertanggung jawab pada pengaturan Chunyun 2023.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement