Selasa 10 Jan 2023 18:45 WIB

Bocah SD Di Virginia Tembak Guru Pakai Pistol Ibunya

Pistol 9mm yang digunakan bocah itu dibeli secara legal oleh ibunya.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Bendera Amerika Serikat

Untuk diadili sebagai orang dewasa di Virginia, seorang remaja harus berusia minimal 14 tahun. Seorang anak berusia 6 tahun terlalu muda untuk ditahan di Departemen Kehakiman Remaja jika terbukti bersalah.  Selain itu, doktrin common law yang dikenal sebagai “pembelaan bayi” menyatakan bahwa anak-anak di bawah usia 7 tahun tidak dapat dituntut atas kejahatan, karena mereka masih sangat muda sehingga tidak mampu membentuk niat kriminal.

seorang profesor dan Fakultas Hukum Universitas Virginia yang merupakan  direktur Departemen Kehakiman Remaja Virginia dari 2014 hingga 2019, Andrew Block, mengatakan, seorang hakim juga harus menemukan bahwa anak tersebut kompeten untuk diadili. Maksudnya adalah anak itu dapat memahami proses hukum terhadapnya dan membantu dalam pembelaannya sendiri.

 “Hampir tidak mungkin membayangkan seorang anak berusia 6 tahun ditemukan kompeten untuk diadili,” kata Block.

Julie E. McConnell, seorang profesor hukum di University of Richmond yang telah bekerja pada kasus peradilan remaja selama lebih dari 25 tahun, menyatakan, jaksa dapat mengajukan  petisi "Anak yang Membutuhkan Layanan" dalam kasus di mana perilaku anak atau kondisinya mengakibatkan ancaman serius terhadap kesejahteraan dan keamanan fisik anak.

Seorang hakim kemudian akan memiliki serangkaian pilihan, termasuk memerintahkan layanan konseling atau manajemen kemarahan, dan membiarkan anak tetap bersama orang tuanya, dengan syarat memerintahkan orang tua untuk berpartisipasi dalam program atau bekerja sama dalam pengobatan. Pilihan lainnya yaitu mengalihkan hak asuh anak kepada kerabat, lembaga kesejahteraan anak atau lembaga layanan sosial setempat.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement