Jumat 13 Jan 2023 21:45 WIB

Biden Sambut Rencana Reformasi Militer Jepang

Jepang berencana membangun militer mega besar dalam menghadapi ancaman luar

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan menyambut kedatangan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Gedung Putih pada Jumat (13/1/2023) waktu setempat.
Foto: AP/Evan Vucci
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan menyambut kedatangan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Gedung Putih pada Jumat (13/1/2023) waktu setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan menyambut kedatangan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Gedung Putih pada Jumat (13/1/2023) waktu setempat. Biden juga diperkirakan bakal memuji rencana bersejarah Tokyo membangun militer mega besar dalam menghadapi kekhawatiran dan ancaman dari luar.

Kishida berada di Washington sebagai perhentian terakhir dalam tur negara-negara G7. Kunjungannya juga dilakukan setelah kunjungan Biden ke Tokyo Mei lalu dan pertemuan antara kedua pemimpin di sela-sela pertemuan puncak regional Asia Tenggara di Kamboja pada November.

Seorang pejabat senior Pemerintahan AS mengatakan, Biden dan Kishida diperkirakan juga akan membahas masalah keamanan dan ekonomi global. Menurutnya, pembicaraan mereka kemungkinan akan mencakup kontrol ekspor terkait semikonduktor ke China setelah Washington mengumumkan pembatasan ketat tahun lalu.

Kishida mengatakan dia mendukung upaya Biden untuk membatasi akses China ke semikonduktor canggih dengan pembatasan ekspor. Namun, dia belum setuju untuk mencocokkan pembatasan ekspor peralatan manufaktur chip yang diberlakukan AS pada Oktober.

Pejabat AS mengatakan Washington bekerja sama dengan Jepang dalam masalah ini dan percaya mereka memiliki visi yang sama bahkan jika struktur hukum mereka berbeda. Dia mengatakan semakin banyak negara dan pemain signifikan yang mendukung kontrol, semakin efektif kontrol tersebut.

Jepang adalah ketua G7 saat ini. Jepang juga mengambil masa jabatan dua tahun di Dewan Keamanan PBB pada 1 Januari dan memegang kepresidenan bulanan bergilir dari badan beranggotakan 15 orang itu untuk Januari.

Diplomat AS untuk Asia di bawah mantan Presiden Barack Obama, Daniel Russel mengatakan Korea Utara kemungkinan besar akan menjadi agenda utama Kishida. Hal ini mencerminkan beberapa kecemasan bahwa perang di Ukraina serta persaingan dengan Cina dapat menyebabkan Washington mengabaikan peningkatan tempo peluncuran rudal Pyongyang yang secara langsung mengancam Jepang.

Sebelumnya, Menteri luar negeri dan pertahanan AS dan Jepang melakukan pertemuan two plus two. Dalam pertemuannya, AS dan Jepang mengumumkan peningkatan kerja sama keamanan. Para pejabat AS juga memuji rencana pembangunan militer Tokyo.

Sebuah pernyataan bersama dari kedua belah pihak mengatakan bahwa mereka telah memetakan visi aliansi modern yang diposisikan untuk menang di era baru persaingan strategis. Sementara itu Koordinator Indo-Pasifik Gedung Putih Kurt Campbell menyebutnya salah satu keterlibatan paling penting antara dua pihak kita negara dalam beberapa dekade.

"Mengingat lingkungan yang sangat diperebutkan, postur depan pasukan AS di Jepang harus ditingkatkan dengan memposisikan pasukan yang lebih serbaguna, tangguh, dan bergerak dengan kemampuan intelijen, pengawasan, dan pengintaian, anti-kapal, dan transportasi yang ditingkatkan," kata pernyataan Campbell.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengumumkan rencana untuk memperkenalkan Resimen Littoral Laut di Jepang. Itu akan membawa kemampuan signifikan termasuk rudal anti-kapal, dan kedua belah pihak juga setuju untuk memperpanjang perjanjian pertahanan bersama mereka untuk mencakup ruang angkasa.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement