Senin 16 Jan 2023 14:47 WIB

Pakistan Targetkan 44 Juta Anak tanpa Polio

Pakistan meluncurkan kampanye antipolio pertamanya tahun ini.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani
Imunisasi polio dan campak pada balita (Ilustrasi)
Foto: Republika/Musiron
Imunisasi polio dan campak pada balita (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD - Pemerintah Pakistan pada Ahad (15/1/2023) waktu setempat meluncurkan kampanye antipolio pertamanya tahun ini. Sebanyak 44,2 juta anak di bawah usia lima tahun ditargetkan menerima imunisasi polio.

Pakistan dan Afghanistan adalah dua negara di dunia di mana polio terus mengancam kesehatan dan kesejahteraan anak-anak. Polio memengaruhi sistem saraf anak-anak dan akhirnya menyebabkan kelumpuhan.

Perdana Menteri Pakistan Shahbaz Sharif mengatakan, Pakistan termasuk di antara sedikit negara yang masih menderita penyakit tersebut. Ia memulai kampanye nasional dengan memberikan obat tetes polio kepada anak-anak di ibu kota, Islamabad.

"(Sebanyak) 20 kasus dilaporkan terjadi di daerah kesukuan Waziristan Utara tahun lalu meskipun penyakit itu dapat diatasi di antara anak-anak lain melalui imunisasi," kata Sharif.

Sekitar 44 juta anak di 156 kabupaten akan diimunisasi polio. Ini termasuk 22,54 juta anak di Punjab, 10,1 juta di Sindh, dan 7,4 juta di provinsi Khyber Pakhtunkhwa.

Sharif mengatakan, pemerintahnya bersama pemangku kepentingan lainnya, termasuk miliarder AS Bill Gates dan Organisasi Kesehatan Dunia, secara efektif berkontribusi terhadap pemberantasan polio di Pakistan. Dia memberikan sertifikat penghargaan saat peluncuran kepada pekerja polio garis depan dan memuji pengorbanan mereka yang tak ternilai.

Pakistan sering menyaksikan serangan terhadap tim polio dan polisi dikerahkan untuk melindungi mereka. Militan secara keliru mengeklaim bahwa kampanye imunisasi adalah konspirasi Barat untuk mensterilkan anak-anak.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement