Selasa 24 Jan 2023 11:22 WIB

FDA Usul Vaksin Covid-19 Diberikan Setahun Sekali, Seperti Vaksin Flu

FDA mengusulkan vaksin Covid-19 tahunan diberikan tiap bulan September.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Botol vaksin Covid-19 Pfizer. Komite penasihat nasional Amerika Serikat akan melakukan pemungutan suara terkait usulan pemberian vaksin Covid-19 tahunan pada Kamis (26/1/2023).
Foto:

Wacana menjadikan vaksin Covid-19 sebagai vaksin tahunan mendapatkan respons yang sangat beragam. Sebagian orang tampak mendukung wacana tersebut.

"(Pendekatan tersebut) tampak beralasan, sebuah langkah yang bisa menyelamatkan banyak jiwa," kata Kepala Departemen Ilmu Kedokteran di University of California, Robert M Wachter.

Namun , sebagian lain tampak menentang wacana tersebut. Menurut profesor di bidang Ilmu Kedokteran Molekuler di Scripps Research, Eric Topol, memberikan vaksin Covid-19 sebagai vaksin tahunan dapat membuat orang-orang yang belum pernah terkena Covid-19 menjadi lebih berisiko.

"Karena mereka tak akan memiliki reservoir antibodi penangkal penyakit yang dihasilkan secara alami," ujar Prof Topol.

Menurut profesor di bidang kesehatan masyarakat di Georgetown Law, Lawrence O Gostin, wacana yang diajukan dalam proposal FDA tampaknya hanya akan bekerja dengan baik pada kelompok masyarakat berusia muda dan sehat. Akan tetapi, gagasan tersebut mungkin kurang sesuai untuk kelompok lansia yang mungkin membutuhkan lebih banyak dosis vaksin Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement