Rabu 25 Jan 2023 23:01 WIB

Kasus DBD di Malaysia Melonjak 226 Persen

Pekan ini, Kemenkes Malaysia menemukan kasus DBD di 80 lokasi.

Pasien demam berdarah dengue (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Pasien demam berdarah dengue (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) mengatakan jumlah kasusdemam berdarah dengue (DBD) pada tiga pekan pertama 2023 meningkat 226 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. KKM mencatat 7.058 kasus DBD dari Minggu Epidemiologi ke-1 hingga ke-3, lebih tinggi 4.892 kasus daripada yang tercatat selamaperiode yang sama pada 2022, yaitu 2.165 kasus.

Jumlah kasus pada Minggu Epidemiologi ke-3 mencapai 2.319, turun dibandingkan minggu sebelumnya yang mencapai 2.520 kasus. Hingga Minggu Epidemiologi ke-3, tercatat ada tiga kematian akibat penyakit yang ditularkan nyamuk Aedes itu.

Baca Juga

Pada pekan ini, KKM menemukan kasus-kasus DBD di 80 lokasi, bertambah dari minggu sebelumnya yang hanya 67 lokasi. Sebaran lokasi kasus DBD pada pekan tersebut adalah Negeri Selangor (50),Sabah (14), Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur dan Putrajaya (9), dan Pulau Pinang (7).

Dirjen Kesehatan Malaysia, Noor Hisham, mengatakan masyarakat perlu menyemprotkan aerosol di dalam ruangan sebelum memulai kegiatan. Dia juga mengingatkan masyarakat untuk mengenakan pakaian berwarna cerah dan mengoleskan penolak nyamuk saat melakukan aktivitas di luar rumah.

Masyarakat juga diminta untuk membersihkan wadah yang dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk Aedes seminggu sekali untuk menurunkan populasi serangga itu.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement