Ahad 29 Jan 2023 08:02 WIB

Jokowi Hadiri Kick Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023

Pada tahun ini Indonesia menerima estafet keketuaan ASEAN

Rep: Dessy Suciati Saputri / Red: Nidia Zuraya
Logo keketuaan Indonesia di ASEAN. Logo ini menggambarkan langit, gunung, laut, dan bumi serta burung Maleo sebagai salah satu kekayaan fauna Indonesia
Foto: Asean
Logo keketuaan Indonesia di ASEAN. Logo ini menggambarkan langit, gunung, laut, dan bumi serta burung Maleo sebagai salah satu kekayaan fauna Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara kick off keketuaan ASEAN Indonesia 2023 di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Ahad (29/1/2023) pagi. Jokowi didampingi sejumlah menteri dan para duta besar negara sahabat tampak mengenakan kaos putih berjalan kaki menuju lokasi utama acara di Bundaran HI.

Tampak hadir Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menko Polhukam Mahfud MD, Mensesneg Pratikno, dan juga Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Baca Juga

Acara ini turut dihadiri ribuan peserta parade nusantara yang juga tampak berjalan dari Sarinah dan Dukuh Atas dengan rangkaian merah putih, parade pakaian nusantara, bendera ASEAN, marching band, dan juga ondel-ondel. Masyarakat juga tampak memadati area ini untuk meramaikan acara kick off keketuaan ASEAN 2023.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, pada tahun ini Indonesia menerima estafet keketuaan ASEAN di tengah situasi global yang sangat tidak mudah. Meskipun berbagai krisis sedang terjadi, namun Jokowi meyakini bahwa ASEAN masih penting dan relevan bagi rakyat, bagi kawasan, dan bagi dunia.

 

"Tahun ini Indonesia menjadi ketua ASEAN di tengah-tengah situasi global yang sangat tidak mudah. Krisis ekonomi, krisis energi, krisis pangan, semuanya, perang, semuanya sedang terjadi. Tetapi saya meyakini bahwa ASEAN masih penting dan relevan bagi rakyat, bagi kawasan, dan bagi dunia," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Selain itu, Jokowi juga yakin ASEAN akan terus berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas di IndoPasifik serta akan terus menjaga pertumbuhan ekonomi dan ASEAN matters epicentrum of growth. "Dengan mengucap bismillahirahmanirahim, pada hari ini secara resmi saya nyatakan kick off keketuaan ASEAN Indonesia 2023 dimulai," kata Jokowi.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement