Rabu 01 Feb 2023 09:37 WIB

Keseriusan AS untuk Capai Solusi Damai Israel-Palestina Dipertanyakan

Blinken sebut Israel dan Palestina telah menyuarakan kesiapan memulihkan ketenangan.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
 Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kiri) bertemu dengan pemimpin Palestina Mahmoud Abbas di kota Ramallah, Tepi Barat, Selasa (31/1/2023).
Foto:

Mereka mengatakan, tanpa tekanan ini, Israel sebagai penjajah, memegang semua kartu dan tidak memiliki insentif untuk membuat konsesi.

Amerika Serikat telah berkonfrontasi dengan Israel beberapa kali, termasuk perlambatan pembangunan pemukiman  di bawah pemerintahan mantan presiden Barack Obama. Namun kebijakan ini tidak berkelanjutan. Contoh-contoh ini mencapai sedikit kemajuan dan berakhir dengan pertengkaran publik yang pahit.  Dan ketika orang-orang Palestina berpaling ke PBB dan organisasi internasional lainnya, AS justru memblokir mereka.

Seorang pemimpin Fatah, Mahmoud Al-Aloul, mengatakan, kepemimpinan Palestina tidak lagi memiliki kepercayaan atau harapan pada kebijakan Amerika karena dianggap hanya peduli untuk melindungi dan mendukung pendudukan Israel. Dia menambahkan bahwa kunjungan Blinken dilakukan setelah warga Palestina memutuskan untuk menghadapi kejahatan dan serangan Israel yang meningkat.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement