Senin 06 Feb 2023 11:57 WIB

Israel Pertimbangkan Kirim Sistem Rudal Iron Dome Ke Ukraina

Israel telah memberikan bantuan kemanusiaan kepada Ukraina.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Sistem pertahanan anti-rudal Iron Dome milik Israel (ilustrasi).
Foto: VOA/AFP
Sistem pertahanan anti-rudal Iron Dome milik Israel (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Israel sedang menjajaki kemungkinan untuk memasok Ukraina dengan sistem pertahanan antirudal Iron Dome yang canggih. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dalam wawancara dengan saluran televisi Prancis, LCI mengatakan, dia akan meninjau opsi pengiriman sistem rudal tersebut.

"Masalah pasokan senjata dipertimbangkan dan ditolak Pemerintah Israel sebelumnya. Saya akan mempelajari masalah ini dan menjawab masalah ini dengan cara yang paling memadai," kata Netanyahu, dilaporkan Middle East Monitor, Ahad (5/2/2023).

Baca Juga

Netanyahu mengatakan, Israel harus mempertimbangkan kepentingannya di wilayah tersebut sebelum memutuskan untuk mengirim bantuan sistem rudal. "Kontribusi Israel mungkin akan ada di bidang lain," kata Netanyahu.

Netanyahu mengatakan, Israel telah memberikan bantuan kemanusiaan kepada Ukraina dan menerima sejumlah besar pengungsi Ukraina. Pertimbangan untuk mengirim senjata ke Ukraina menjadi janji kampanye Netanyahu ketika pemilu.

Tahun lalu, Rusia melancarkan perang terhadap Ukraina, yang disambut kemarahan internasional. Uni Eropa, kelompok negara anggota G7, Amerika Serikat (AS) dan Inggris memberlakukan sanksi keuangan yang keras terhadap Moskow. Belum lama ini, Jerman dan AS telah memberikan lampu hijau untuk mengirim tank tempur ke Ukraina.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement