Senin 06 Feb 2023 16:13 WIB

Gempa Turki Juga Dirasakan di Negara Tetangga Hingga Mesir

Gempa juga dirasakan di Mesir, Lebanon, Irak, Siprus Utara, dan Siprus Yunani

Gempa Turki juga dirasakan di provinsi Idlib, Aleppo, Hama, Latakia, dan Raqqa di Suriah.
Gempa Turki juga dirasakan di provinsi Idlib, Aleppo, Hama, Latakia, dan Raqqa di Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID., ANKARA -- Gempa berkekuatan 7,4 yang mengguncang selatan Turki pada Senin (6/2/2023) juga dirasakan di beberapa negara.

Gempa tersebut juga dirasakan di provinsi Idlib, Aleppo, Hama, Latakia, dan Raqqa di Suriah. Puluhan bangunan juga hancur di daerah yang dikuasai oposisi di utara Suriah, dan para tim penyelamat sedang berupaya mencari korban yang selamat.

Baca Juga

Di berbagai wilayah di Suriah utara, setidaknya 58 orang tewas dan ratusan lainnya menderita luka-luka, menurut informasi yang dikumpulkan Anadolu Agency dari beberapa sumber lokal, termasuk Jaringan Hak Asasi Manusia Suriah dan beberapa rumah sakit.

Badan Penanggulangan Bencana dan Kondisi Darurat Turki (AFAD) mengatakan gempa berkekuatan 7,4 terjadi pada pukul 4.17 pagi (01.17GMT) wilayah selatan dan berpusat di distrik Pazarcik, provinsi Kahramanmaras.

Gempa terjadi pada kedalaman 7 kilometer. Guncangan kuat itu diikuti oleh gempa berkekuatan M 6,4 yang melanda provinsi Gaziantep di tenggara Turki.

Gempa susulan dengan magnitudo 6,5 juga terjadi di Gaziantep. Guncangan terasa hingga Mesir, Lebanon, Irak, Siprus Utara, Siprus Yunani

Koresponden Anadolu di lapangan dan saksi mengatakan gempa dirasakan di dalam dan sekitar ibu kota Mesir, Kairo, dan berlangsung sekitar 30 detik.

Gempa juga dirasakan di seluruh Lebanon, terutama di ibu kota Beirut, banyak orang yang keluar rumah dan bermalam di dalam mobil.

Di ibu kota Irak, Baghdad, orang-orang meninggalkan rumah mereka akibat gempa tersebut. Gempa juga dirasakan di Siprus Utara dan Otoritas Siprus Yunani.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/gempa-kuat-yang-guncang-turkiye-juga-dirasakan-di-negara-tetangga-hingga-mesir/2807679
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement