Jumat 10 Feb 2023 15:11 WIB

Kebun Binatang Jepang Pecahkan Misteri Siamang Hamil di Kandang Sendirian

Jawaban ini ditemukan usai dua tahun dan dilakukan tes DNA.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Seekor Siamang atau Kera Hitam (Symphalangus syndactylus) berada di kandang. ilustrasi
Foto: Antara/Rahmad
Seekor Siamang atau Kera Hitam (Symphalangus syndactylus) berada di kandang. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Penjaga kebun binatang Jepang telah memecahkan misteri tentang seekor siamang hamil meskipun tinggal sendirian di kandang. Jawaban ini ditemukan usai dua tahun dan dilakukan tes DNA.

Siamang bertangan putih berusia 12 tahun bernama Momo mengejutkan penjaga di Kebun Binatang dan Taman Botani Kujukushima di Nagasaki pada Februari 2021. Dia melahirkan meskipun tidak memiliki pasangan pejantan di kandang.

Baca Juga

Setelah dua tahun dan melakukan tes DNA pada bayinya, kebun binatang telah mengetahui siapa ayahnya,  bahkan memiliki teori cara kedua siamang bisa kawin. Tes menunjukkan bahwa ayah dari bayi tersebut adalah Ito.

Dikutip dari CNN, Ito adalah owa lincah berusia 34 tahun. Dia berada di kandang yang berdekatan dengan Momo saat hamil.

Kebun binatang mengatakan pada Jumat (10/2/2023), bahwa Momo dan Ito berhasil kawin melalui lubang kecil pelat baja di antara kandang mereka. Lubang itu berukuran sekitar sembilan milimeter.

Bayi yang belum diberi nama ini sekarang memiliki berat sekitar dua kilogram dan tumbuh sehat di bawah perhatian penuh kasih Momo. “Ini adalah kehidupan yang berharga yang lahir ke dunia, kami akan terus merawatnya dengan baik dan berharap dia akan berumur panjang dengan sehat,” kata Wakil Direktur Kebun Binatang di Nagasaki Hideki Hisano. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement