Selasa 14 Feb 2023 01:45 WIB

RI dan Singapura Bahas Peningkatan Kerja Sama Sektor Transportasi

Indonesia dan Singapura sudah memiliki perjanjian Flight Information Region (FIR).

Ilustrasi penerbangan. Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi bertemu dengan Menteri Transportasi Singapura Iswaran di Singapura, Senin (13/2/2023) membahas peningkatan kerja sama di sektor transportasi udara, laut, dan pengembangan sumber daya transportasi (SDM) sektor transportasi.
Ilustrasi penerbangan. Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi bertemu dengan Menteri Transportasi Singapura Iswaran di Singapura, Senin (13/2/2023) membahas peningkatan kerja sama di sektor transportasi udara, laut, dan pengembangan sumber daya transportasi (SDM) sektor transportasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi bertemu dengan Menteri Transportasi Singapura Iswaran di Singapura, Senin (13/2/2023) membahas peningkatan kerja sama di sektor transportasi udara, laut, dan pengembangan sumber daya transportasi (SDM) sektor transportasi.

"Hubungan bilateral antara Indonesia dan Singapura selama ini sudah terjalin baik dan kedua negara sepakat untuk menjaga hubungan yang saling menguntungkan dan membuka sejumlah peluang kerja sama di sektor transportasi," kata Menhub Budi dikutip dari keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin (13/2/2023).

Baca Juga

Dalam pertemuan tersebut, Budi bersama Iswaran menyaksikan langsung penandatanganan dokumen antara Kemenhub RI dengan Kementerian Transportasi Singapura sebagai tindak lanjut dari perjanjian Flight Information Region (FIR) kedua negara pada 2022.

"Ini merupakan upaya bersama kedua negara untuk meningkatkan keselamatan, keteraturan, dan efisiensi pengelolaan ruang udara di kawasan kedua negara. Langkah ini juga menunjukkan komitmen kedua negara untuk mengimplementasikan perjanjian FIR yang telah ditandatangani tahun lalu," ujar Budi.

Dalam kunjungannya ke Singapura, Menhub Budi juga sempat mengunjungi pelabuhan logistik di Singapura. "Kami ingin mencari referensi desain dan teknologi terkini untuk pengembangan pelabuhan di Indonesia," ucap dia.

Sementara itu, terkait pengembangan SDM sektor transportasi, Menhub Budi mendorong dilaksanakannya program-program praktek kerja lapangan untuk sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan.

Ia juga mengapresiasi salah satu program praktek kerja lapangan yang sudah dijalankan di Atase Perhubungan Singapura, di mana program tersebut memberikan kesempatan bagi perwira atau taruna/taruni untuk mendapatkan pengalaman selama 6 bulan bekerja di kantor atase.

"Program ini sangat baik karena selain menimba ilmu di sekolah, mereka memiliki pengalaman langsung bekerja di lapangan dengan lingkup internasional," ujarnya.

Selain itu, Menhub Budi juga sempat bertemu dengan warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Singapura dalam acara kumpul bersama komunitas pesepeda "ride love" bersama Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryopratomo dan Atase Perhubungan di Singapura Diaz Saputra.

Turut hadir dalam kunjungan kerja ke Singapura tersebut, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah Murni dan Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Arif Toha.

 

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement