Sabtu 18 Feb 2023 09:02 WIB

Ilmuwan Temukan Istana Kota Kuno Sumeria Berusia 4.500 Tahun

Para ahli percaya kota kuno Girsu mungkin telah dihuni sejak 5.300 SM.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Arkeolog dan pekerja menggali situs kota kuno Sumeria, Girsu di Dhi Qar, Irak, 14 November 2021.  Ilmuwan Temukan Istana Kota Kuno Sumeria Berusia 4.500 Tahun
Foto: AA Photo
Arkeolog dan pekerja menggali situs kota kuno Sumeria, Girsu di Dhi Qar, Irak, 14 November 2021. Ilmuwan Temukan Istana Kota Kuno Sumeria Berusia 4.500 Tahun

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Sebuah istana kuno yang berusia ribuan tahun telah ditemukan di Irak melalui proyek British Museum. Struktur bangunan istana berusia 4.500 tahun itu dijuluki istana yang hilang terletak di Tello, Irak selatan.

Istana ini pernah menjadi rumah kota kuno Girsu di Sumeria. Seperti dilansir Arab News, Sabtu (18/2/2023), proyek kota kuno Girsu itu dipimpin oleh British Museum dan didanai oleh J Paul Getty Museum di Amerika Serikat.

Baca Juga

Proyek itu diluncurkan sebagai tanggapan atas penghancuran bangunan kuno dan artefak oleh ISIS di seluruh wilayah. Selama penemuan, para peneliti juga menemukan sebuah kuil untuk dewa Sumeria kuno Ningirsu.

“Sementara pengetahuan kita tentang dunia Sumeria masih terbatas saat ini, pekerjaan di Girsu dan penemuan istana dan kuil yang hilang memiliki potensi yang sangat besar untuk pemahaman kita tentang peradaban penting ini, memberikan pencerahan. tentang masa lalu dan menginformasikan masa depan," kata Direktur British Museum Hartwig Fischer.

 

Istana ini ditemukan selama penggalian tahun lalu yang juga menemukan lebih dari 200 loh batu setelah perburuan selama 140 tahun. Penggalian dimulai setelah penggalian prasasti yang mengisyaratkan keberadaan bangunan tersebut.

 

Para peneliti pertama kali menggunakan drone untuk mendeteksi sisa-sisa awal istana tahun lalu. Namun, para pejabat mengatakan situs tersebut telah mengalami kerusakan yang signifikan selama dua abad terakhir.

Catatan administrasi juga ditemukan dan kemudian dibawa ke Museum Irak Baghdad, bersama dengan loh batu. Para ahli percaya kota kuno Girsu mungkin telah dihuni sejak 5.300 SM, dan bisa ada selama beberapa ribu tahun hingga 200 SM.

 

"Girsu adalah salah satu situs warisan paling penting di dunia namun hanya sedikit yang diketahui tentangnya," kata Direktur Proyek Girsu Sebastian Rey.

 

Dia menambahkan lebih dari 80 tahun gangguan kerja lapangan di lokasi tersebut telah memakan korban, tetapi ia mengatakan skema tersebut adalah kesempatan luar biasa untuk mengamankan konservasi jangka panjang situs yang luar biasa tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement