Ahad 19 Feb 2023 14:01 WIB

Kim Jong-un Ajak Putrinya Nonton Pertandingan Sepak Bola

Putri Kim Jong-un juga pernah ikut mengamati uji terbang rudal balistik antarbenua.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Reiny Dwinanda
Dalam foto yang dipasok kantor berita KCNA, Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un (tengah) tampak membawa anak perempuannya Kim Ju-ae (kiri) untuk menonton pertandingan antara staf kabinet dan Kementerian Pertahanan di Pyongyang, Korea Utara, 17 Februari 2023 (dirilis 18 Februari 2023). Pertandingan tersebut dihelat dalam rangka perayaan Day of the Shining Star, yakni hari kelahiran mantan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-il.
Foto:

Kim dan putrinya juga muncul dalam parade militer besar-besaran di Ibu Kota, Pyongyang, pekan lalu. Sebelumnya, Kim Ju-ae juga ikut dengan ayahnya untuk meninjau pasuka militer.

Ketika itu, Kim Ju-ae  duduk di kursi kehormatan di sebuah perjamuan bersama pejabat senior dan petinggi militer. Dia juga muncul bersama ayahnya dalam beberapa prangko baru yang dirilis untuk menandai uji coba ICBM.

Analis mengatakan penampilan Kim Ju-ae di acara-acara besar yang terkait dengan militer negara adalah cara ayahnya untuk mengingatkan dunia bahwa dia tidak akan pernah secara sukarela menyerahkan senjata nuklir dan misilnya. Ini terlihat jelas bahwa putri Kim sebagai jaminan terkuat untuk kelangsungan hidupnya dan perpanjangan masa depan keluarganya dalam dinasti pemerintahan.

Kemunculan putri Kim di media pemerintah bertujuan untuk memperkuat kesetiaan domestik kepada keluarga Kim. Dia tampaknya juga mempersiapkan transfer kekuasaan secara turun-temurun di masa depan.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement