Rabu 01 Mar 2023 05:35 WIB

Cina Perketat Kontrol Perbatasan Cegah Cacar Monyet

Cina memperketat kontrol perbatasan hingga enam bulan ke depan cegah cacar monyet

ilustrasi virus cacar monyet
Foto: Pixabay
ilustrasi virus cacar monyet

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Otoritas Cina memperketat kontrol perbatasan yang berlaku hingga enam bulan ke depan untuk mencegah meluasnya penularan wabah penyakit cacar monyet.

Badan Kepabeanan Cina (GACC) sebagaimana dipantau di Beijing, Selasa, mengeluarkan kebijakan baru terkait wabah penyakit yang telah merambah 110 negara dengan jumlah kasus positif sekitar 85.000, termasuk 93 kasus kematian.

Bagi orang yang memasuki Cina dari negara-negara terindikasi kasus cacar monyet, jika terinfeksi atau mengalami gejala, demam, panas-dingin, sakit kepala, keletihan, sakit punggung, myalgia (nyeri otot), dan kelenjar getah bening harus melapor kepada petugas GACC.

Selanjutnya staf GACC akan melakukan tindakan medis dengan mengambil sampel sesuai dengan prosedur penanganan penyakit menular. Pesawat, kapal, kontainer, dan kargo dari negara terindikasi cacar monyet diwajibkan menjalani pembersihan sanitasi sebagaimana prosedur yang ditetapkan, demikian GACC.

Sebelumnya, di Cina dilaporkan terdapat satu kasus cacar monyet di Kota Chongqing pada September 2022. Kasus tersebut ditemukan pada pelaku perjalanan internasional yang saat itu menjalani karantina wajib Covid-19.

Beberapa kontak dekat kasus positif juga telah dikarantina sesuai dengan peraturan wajib yang berlaku pada saat itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement