Rabu 01 Mar 2023 16:18 WIB

FBI: Covid-19 Berasal dari Laboratorium di Wuhan

Cukup lama FBI menilai asal dari pandemi Covid-19

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Peneliti bekerja di laboratorium Institut Virologi Wuhan WIV di Wuhan, provinsi Hubei, China, 23 Februari 2017 dikeluarkan 16 April 2020.
Foto: EPA-EFE/SHEPHERD HOU CHINA OUT
Peneliti bekerja di laboratorium Institut Virologi Wuhan WIV di Wuhan, provinsi Hubei, China, 23 Februari 2017 dikeluarkan 16 April 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Direktur Biro Investigasi Federal (FBI) Amerika Serikat (AS) Christopher Wray mengatakan, hasil asesmen lembaganya menunjukkan virus corona yang menyebabkan pandemi Covid-19 berasal dari laboratorium di Wuhan, Cina.

"Cukup lama FBI menilai asal dari pandemi tampaknya berpotensi dari insiden laboratorium di Wuhan," kata Wray pada Fox News, Rabu (1/3/2023).

Baca Juga

Pernyataan ini disampaikan setelah surat kabar Wall Street Journal melaporkan Departemen Energi AS tidak begitu yakin pandemi berasal dari kebocoran laboratorium di Cina.  

Surat kabar itu melaporkan empat lembaga AS lainnya termasuk panel dari badan intelijen nasional masih menilai pandemi dihasilkan penularan alami. Dua lembaga belum memutuskan hasil asesmen mereka.

Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan, pemerintah AS belum mencapai kesimpulan dan konsensus pasti mengenai asal mula virus korona.

Wall Street Journal meminta komentar dari Kementerian Luar Negeri Cina. Beijing merujuk laporan Organisasi Internasional Dunia (WHO) yang mengatakan Covid-19 muncul secara alami.

Wray mengatakan, ia tidak bisa mengungkapkan detail asesmen FBI karena bersifat rahasia. Ia menuduh Pemerintah Cina "berusaha sebaik mungkin mencoba menggagalkan dan mengaburkan" upaya Amerika Serikat dan negara lain untuk mempelajari lebih lanjut asal mula pandemi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement