Ahad 05 Mar 2023 16:35 WIB

Sanksi Jerman ke Oligarki Rusia Melambat

Jerman sudah membekukan aset oligarki Rusia sekitar 5,57 miliar dolar AS

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
 Tank tempur Leopard 2 A6 beraksi. Kemajuan sanksi Jerman  yang diberlakukan sejak invasi Rusia ke Ukraina terhadap oligarki dan institusi Rusia melambat.
Foto: EPA-EFE/FRIEDEMANN VOGEL
Tank tempur Leopard 2 A6 beraksi. Kemajuan sanksi Jerman yang diberlakukan sejak invasi Rusia ke Ukraina terhadap oligarki dan institusi Rusia melambat.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Data pemerintah menunjukkan, kemajuan sanksi Jerman  yang diberlakukan sejak invasi Rusia ke Ukraina terhadap oligarki dan institusi Rusia melambat. Sejauh ini, Jerman sudah membekukan aset oligarki Rusia sekitar 5,25 miliar euro atau 5,57 miliar dolar AS.

Padahal enam bulan lalu aset yang dibekukan Jerman sudah 4,68 miliar euro. Data yang disampaikan Kementerian Keuangan Jerman ini untuk menjawab permintaan anggota Parlemen Christian Goerke.

Baca Juga

"Sejak Desember hanya 200 juta euro aset oligarki yang telah dibekukan, dan dalam setengah tahun, hanya satu miliar, tidak satu oligarki pun yang melaporkan asetnya sejak Desember," kata Goerke, Ahad (5/3/2023).

Berdasarkan undang-undang sanksi Jerman, target sanksi Uni Eropa harus segera mendeklarasikan aset mereka. Jika tidak, target dapat dihukum penjara selama satu tahun atau dijatuhi denda.

Data pemerintah menunjukkan sejauh ini delapan oligarki Rusia melaporkan 31 asetnya di Bundesbank. Aset mereka setara sekitar 557 miliar euro. Tersebar antara saldo rekening bank, kepemilikan perusahaan dan sekuritas.

sumber : Reuters
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement