Selasa 07 Mar 2023 08:47 WIB

Bandara Soekarno-Hatta Dinobatkan Jadi Top Megahub LCC Global

OAG menetapkan daftar megahub 2022 menggunakan indeks konektivitas

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Lida Puspaningtyas
Aktivitas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta (Banten).
Foto: Istimewa
Aktivitas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta (Banten).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bandara Soekarno-Hatta dinobatkan sebagai salah satu megahub atau bandara yang paling terkoneksi di dunia. Lembaga analisis penerbangan yang berbasis di Inggris yakni OAG, menetapkan Bandara Soekarno-Hatta di peringkat enam dalam daftar Top 25 Low-cost Carrier Airport Megahub 2022.

“Kolaborasi seluruh stakeholder membuat Bandara Soekarno-Hatta mampu mengakselerasi pemulihan lalu lintas penerbangan di tengah pandemi Covid-19,” kata Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, Senin (6/3/2023).

Baca Juga

OAG menetapkan daftar megahub 2022 menggunakan indeks konektivitas yang mengukur efektivitas bandara-bandara internasional di dunia sebagai penghubung poin (secara global dan regional). Selain itu juga sebagai pintu gerbang ke dalam pasar domestik.

Peringkat Bandara Soekarno-Hatta pada Top 25 LCC Megahub 2022 di posisi enam tersebut lebih baik dari sebelumnya pada 2019 berada di posisi delapan. Peringkat Bandara Soekarno-Hatta tersebut sekaligus yang tertinggi untuk di kawasan ASEAN.

Sementara untuk kawasan Asia, posisi Bandara Soekarno-Hatta berada di peringkat 3. Peringkat 1 dan 2 di dalam Top 25 LCC Airport Megahub 2022 ditempati bandara di India, lalu peringkat 3 hingga 5 ditempati bandara di Amerika Serikat.

Awaluddin menyebut, permintaan penerbangan di tengah periode pemulihan tersebut dapat dipenuhi dengan baik oleh AP II dan seluruh stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta. “Sehingga konektivitas penerbangan di Indonesia tetap kuat,” ucap Awaluddin.

Dia menuturkan, Pertumbuhan pasar LCC juga dapat dimaksimalkan Bandara Soekarno-Hatta. Di dalam Top 25 LCC Megahub 2022, posisi Bandara Soekarno-Hatta melebihi 2019 saat belum ada pandemi Covkd-19.

“Ini tentunya kabar yang baik di mana AP II bersama stakeholder mampu mengakomodir permintaan terhadap LCC,” ucap Awauddin.

Dia menuturkan, Bandara Soekarno-Hatta menjadi hub bagi wisatawan untuk melanjutkan perjalanan ke berbagai destinasi wisata menggunakan berbagai maskapai termasuk maskapai LCC. Maskapai LCC yang beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta antara lain Citilink, Lion Air, AirAsia Indonesia, dan Super Air Jet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement