Ahad 12 Mar 2023 16:15 WIB

Pasukan Israel Bunuh Tiga Warga Palestina

Sejak awal tahun sudah ada 80 warga Palestina yang tewas

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Pasukan Israel menembak dan membunuh tiga pria Palestina pada Ahad (12/3/2023).
Foto: EPA-EFE/ATEF SAFADI
Pasukan Israel menembak dan membunuh tiga pria Palestina pada Ahad (12/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Pasukan Israel menembak dan membunuh tiga pria Palestina pada Ahad (12/3/2023). Menurut militer Israel, korban itu diklaim melepaskan tembakan ke arah pasukan di wilayah pendudukan Tepi Barat.

Militer Israel mengatakan, seorang pria bersenjata menyerahkan diri dan ditangkap. Kementerian Kesehatan Palestina mengonfirmasi tiga orang meninggal di dekat kota Nablus.

Kematian warga Palestina ini menambah jumlah orang yang meninggal sejak awal tahun menjadi 80 jiwa. Israel telah meningkatkan serangan penangkapan di Tepi Barat. Sedangkan serangan oleh warga Palestina menewaskan 14 orang pada 2023.

Kekerasan baru menyusul serangan militer Israel pekan lalu di Desa Jaba, Tepi Barat, dengan tiga orang Palestina meninggal dunia. Beberapa jam kemudian, seorang pria bersenjata Palestina melepaskan tembakan ke jalan raya Tel Aviv yang sibuk pada awal akhir pekan Israel, melukai tiga orang sebelum ditembak dan dibunuh.

Putaran kekerasan saat ini adalah salah satu yang terburuk antara Israel dan Palestina di Tepi Barat dalam beberapa tahun. Menurut kelompok HAM terkemuka Israel, B'Tselem, hampir 150 warga Palestina meninggal di Tepi Barat dan Yerusalem timur pada 2022, menjadikannya tahun paling mematikan di wilayah itu sejak 2004. Serangan Palestina terhadap Israel selama waktu yang sama menewaskan 30 orang.

sumber : AP

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement