Ahad 19 Mar 2023 17:53 WIB

Tak Tanggapi Perintah Penangkapan yang Dikeluarkan ICC, Putin Kunjungi Kota Mariupol

Mariupol merupakan wilayah yang diduduki Rusia di Donbas, Ukraina.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Reiny Dwinanda
Dalam foto yang diambil dari video keluaran TV Pool Rusia pada Ahad (19/3/2023), 2023, Presiden Vladimir Putin (kanan) didampingi Wakil Perdana Menteri Marat Khusnullin mengunjungi Mariupol di wilayah yang diduduki Rusia di Donetsk, Ukraina. Perjalanan Putin ke Krime merupakan bagian dari peringatan sembilan tahun aneksasi Semenanjung Laut Hitam dari Ukraina.
Foto:

Mariupol memiliki populasi setengah juta orang sebelum perang dan merupakan rumah bagi pabrik baja Azovstal. Pabrik ini adalah salah satu yang terbesar di Eropa.

"Pusat kota rusak parah. Kami ingin menyelesaikan (rekonstruksi) bagian tengah akhir tahun, setidaknya bagian fasadnya. Bagian tengahnya sangat indah," kata Khusnullin.  

Video siaran media Rusia menunjukkan Putin mengendarai mobil di malam hari melalui area yang dibangun serta berjalan ke tempat yang dikatakan media sebagai philharmonic yang dipulihkan hanya dalam tiga bulan. Sejauh ini, tidak ada reaksi langsung dari Kiev atas kunjungan Putin.

Pada Ahad (19/3/2023), media Rusia melaporkan, selama berkunjung ke Mariupol, Putin juga bertemu dengan komandan tertinggi operasi militer Rusia di Ukraina. Kepala Staf Umum Valery Gerasimov yang bertanggung jawab atas perang Moskow di Ukraina juga termasuk orang yang bertemu dengan Putin.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement