Selasa 21 Mar 2023 17:28 WIB

Ponsel Samsung tak Dapat Pembaruan Android, Ini Daftarnya

Sejumlah ponsel baru Samsung malah tidak dapat pembaruan Android.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Sebagian besar ponsel Samsung tidak dapat pembaruan Android/ilustrasi.
Foto: Youtube
Sebagian besar ponsel Samsung tidak dapat pembaruan Android/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Android 14 adalah sistem operasi (OS) berikutnya yang datang dari Google. OS itu tampaknya akan menghadirkan banyak fitur baru ke ponsel pada akhir tahun ini, termasuk efisiensi yang lebih baik dan perlindungan tambahan terhadap aplikasi palsu.

Versi Samsung sendiri dari perangkat lunak ini, yang disebut One UI 6.0, akan menjadi peningkatan gratis yang menarik. Namun, beberapa perangkat Galaxy tampaknya akan ketinggalan. Meskipun sebagian besar ponsel baru dari Samsung (termasuk Galaxy S21) sekarang menyertakan pembaruan empat tahunan, faktanya tidak selalu demikian.

Baca Juga

Dilansir Express pada Selasa (21/3/2023), faktanya, perangkat seperti Galaxy S20 hanya menawarkan perubahan OS selama tiga tahun. Itu adalah berita buruk bagi pemilik yang menginginkan akses ke Android 14 dan One UI 6.0, karena tidak akan tersedia.

Berikut daftar lengkap ponsel yang tidak akan mendapatkan pembaruan pada akhir tahun ini.

Galaxy S10 Lite

Galaxy S20 FE

Galaxy S20 / Galaxy S20+ / Galaxy S20 Ultra

Galaxy Note 10 Lite

Galaxy Note 20 / Galaxy Note 20 Ultra

Galaxy Z Flip (LTE/5G)

Galaxy Z Fold 2

Galaxy A22 (LTE/5G)

Galaxy A32 (LTE/5G)

Galaxy A51

Galaxy A71

Galaxy Tab A8

Galaxy Tab A7 Lite

Galaxy Tab S6 Lite (2020)

Galaxy Tab S7 / Galaxy Tab S7+

Meskipun Google belum mengonfirmasi tanggal pasti peluncuran Android 14, diperkirakan tiba pada 2023 dengan perangkat Pixel mereka kemungkinan akan mendapatkan fitur-fitur baru terlebih dahulu.

Samsung kemudian diperkirakan mulai merilis versi beta pertamanya dari One UI 6.0 pada September atau Oktober 2023. Sejauh ini, hanya beberapa fitur baru yang telah diluncurkan, tetapi Google akan mengungkap lebih banyak lagi pada konferensi tahunan I/O 2023 pada 10 Mei di Shoreline Amphitheatre di Mountain View, California.

Jika soal tidak mendapatkan pemutakhiran di masa mendatang ini mengganggu, maka mungkin sudah waktunya Anda mengganti perangkat. Samsung telah mengumumkan sejumlah perangkat baru tahun ini, termasuk jajaran Galaxy S23 andalannya dan Galaxy A34 dan A54 yang lebih murah, yang dimulai hanya dengan 349 pound (sekitar Rp 6,5 juta). Meskipun harganya murah, Samsung menyertakan akses 5G, baterai pengisian cepat, dan kamera canggih yang dapat mengambil foto lebih baik dalam cahaya redup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement