Sabtu 25 Mar 2023 15:33 WIB

Amerika Serikat Buktikan Balas Dendam, Serangan Drone Targetkan 11 Pejuang Iran di Suriah

Amerika Serikat menuduh Iran di balik serangan mematikan di Suriah

Rep: Amri Amrullah / Red: Nashih Nashrullah
Pesawat tanpa awak (Drone) Angkatan Udara AS (Ilustrasi).  Kantor berita SANA milik pemerintah Suriah tidak segera mengakui adanya serangan balasan Amerika Serikat ini. Dan misi Suriah untuk PBB tidak segera menanggapi permintaan komentar. Juga tidak ada reaksi segera dari Iran atas serangan itu.  Dua dari tentara Amerika Serikat yang terluka dirawat di pangkalan di Suriah sementara tiga tentara Amerika Serikat lainnya yang terluka dan kontraktor Amerika Serikat dievakuasi ke fasilitas medis koalisi di Irak, kata departemen pertahanan.   Serangan itu terjadi hanya beberapa minggu setelah jenderal top Amerika Serikat, Mark Milley, mengunjungi Suriah timur laut untuk menilai misi melawan ISIL dan risiko terhadap pasukan Amerika Serikat.  Jumlah korban dari serangan pesawat tak berawak hari Kamis sangat tidak biasa, meskipun upaya serangan terhadap pasukan Amerika Serikat di Suriah agak umum terjadi.  Jenderal Erik Kurilla, yang mengawasi pasukan Amerika Serikat di Timur Tengah sebagai kepala Komando Pusat, mengatakan pasukan Amerika Serikat telah diserang oleh kelompok yang didukung Iran sekitar 78 kali sejak awal 2021.  Kurilla, yang bersaksi di Komite Angkatan Bersenjata Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat pada Kamis pagi, memperingatkan tentang armada pesawat tak berawak Iran.  “Rezim Iran sekarang memiliki kekuatan kendaraan udara tak berawak terbesar dan paling mampu di kawasan itu,” katanya.  Tiga drone menargetkan pangkalan Amerika Serikat pada Januari di wilayah Al-Tanf Suriah.   Militer Amerika Serikat mengatakan dua dari UAV ditembak jatuh sementara drone yang tersisa menghantam kompleks tersebut, melukai dua anggota pasukan Tentara Pembebasan Suriah – bagian dari koalisi anti-ISIS.   Pejabat Amerika Serikat yakin serangan drone dan roket terhadap pasukannya diarahkan milisi yang didukung Iran di Suriah.   
Foto: VOA
Pesawat tanpa awak (Drone) Angkatan Udara AS (Ilustrasi). Kantor berita SANA milik pemerintah Suriah tidak segera mengakui adanya serangan balasan Amerika Serikat ini. Dan misi Suriah untuk PBB tidak segera menanggapi permintaan komentar. Juga tidak ada reaksi segera dari Iran atas serangan itu. Dua dari tentara Amerika Serikat yang terluka dirawat di pangkalan di Suriah sementara tiga tentara Amerika Serikat lainnya yang terluka dan kontraktor Amerika Serikat dievakuasi ke fasilitas medis koalisi di Irak, kata departemen pertahanan.  Serangan itu terjadi hanya beberapa minggu setelah jenderal top Amerika Serikat, Mark Milley, mengunjungi Suriah timur laut untuk menilai misi melawan ISIL dan risiko terhadap pasukan Amerika Serikat. Jumlah korban dari serangan pesawat tak berawak hari Kamis sangat tidak biasa, meskipun upaya serangan terhadap pasukan Amerika Serikat di Suriah agak umum terjadi. Jenderal Erik Kurilla, yang mengawasi pasukan Amerika Serikat di Timur Tengah sebagai kepala Komando Pusat, mengatakan pasukan Amerika Serikat telah diserang oleh kelompok yang didukung Iran sekitar 78 kali sejak awal 2021. Kurilla, yang bersaksi di Komite Angkatan Bersenjata Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat pada Kamis pagi, memperingatkan tentang armada pesawat tak berawak Iran. “Rezim Iran sekarang memiliki kekuatan kendaraan udara tak berawak terbesar dan paling mampu di kawasan itu,” katanya. Tiga drone menargetkan pangkalan Amerika Serikat pada Januari di wilayah Al-Tanf Suriah.  Militer Amerika Serikat mengatakan dua dari UAV ditembak jatuh sementara drone yang tersisa menghantam kompleks tersebut, melukai dua anggota pasukan Tentara Pembebasan Suriah – bagian dari koalisi anti-ISIS.  Pejabat Amerika Serikat yakin serangan drone dan roket terhadap pasukannya diarahkan milisi yang didukung Iran di Suriah.   

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS – Pasukan militer Amerika Serikat (AS) melakukan beberapa serangan udara di Suriah timur terhadap kelompok-kelompok yang berpihak dianggap bertanggungjawab atas serangan pesawat tak berawak yang menewaskan seorang kontraktor warga Amerika Serikat dan melukai lima tentara Amerika Serikat lainnya. Pentagon mengatakan serangan udara dilakukan sebagai pembalasan atas serangan pesawat tak berawak oleh kelompok yang diduga berafiliasi dengan Iran.

Serangan Amerika, yang dikatakan pemantau perang yang berbasis di Inggris menewaskan 11 pejuang pro-Iran, sebagai pembalasan atas serangan kendaraan udara tak berawak terhadap pangkalan koalisi pimpinan Amerika Serikat di dekat Hassakeh, di timur laut Suriah, pada pukul 13:38 (10:30). 38 GMT), kata Pentagon dalam sebuah pernyataan Kamis malam.

Baca Juga

Intelijen Amerika Serikat menilai drone yang menyerang itu berasal dari Iran. Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin mengatakan serangan itu menargetkan kelompok-kelompok yang berafiliasi dengan Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGG) di Suriah timur.

“Serangan udara dilakukan sebagai tanggapan atas serangan hari ini serta serangkaian serangan baru-baru ini terhadap pasukan Koalisi di Suriah oleh kelompok yang berafiliasi dengan IRGC,” kata Austin dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Aljazeerah, Jumat (24/3/2023).

Austin mengatakan dia mengizinkan serangan balasan atas arahan Presiden Amerika Serikat Joe Biden. “Seperti yang telah dijelaskan oleh Presiden Biden, kami akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk membela rakyat kami dan akan selalu merespons pada waktu dan tempat yang kami pilih. Tidak ada kelompok yang akan menyerang pasukan kita bebas dari hukum," katanya.

Menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR), enam pejuang yang didukung Iran tewas dalam serangan Amerika di kota timur Deir Az Zor. 

SOHR menambahkan dua pejuang lainnya tewas dalam serangan Amerika Serikat di sebuah pos dekat kota Mayadeen, dan serangan lain menewaskan tiga orang di sebuah pos militer dekat kota Boukamal di sepanjang perbatasan dengan Irak. Laporan tersebut tidak dapat dikonfirmasi.

Baca juga: Perang Mahadahsyat akan Terjadi Jelang Turunnya Nabi Isa Pertanda Kiamat Besar?

Pasukan Amerika Serikat memasuki Suriah pada 2015, mendukung pasukan sekutu dalam perjuangan mereka melawan kelompok ISIL (ISIS). 

Amerika Serikat masih mempertahankan pangkalan yang diserang di dekat Hassakeh, sementara diperkirakan ada 900 tentara Amerika Serikat dikerahkan di negara itu, dan bahkan lebih banyak kontraktor, termasuk di utara, selatan, dan timur Suriah.

Semalam, video di media sosial menunjukkan ledakan di Deir Az Zor, Suriah, sebuah provinsi strategis yang berbatasan dengan Irak dan berisi ladang minyak.

“Serangan presisi ini dimaksudkan untuk melindungi dan membela personel Amerika Serikat. Amerika Serikat mengambil tindakan proporsional dan disengaja yang dimaksudkan untuk membatasi risiko eskalasi dan meminimalkan korban,” kata departemen pertahanan dalam sebuah pernyataan.

Kelompok-kelompok milisi yang didukung Iran dan pasukan Suriah menguasai daerah itu, yang juga menjadi sasaran serangan udara oleh Israel dalam beberapa bulan terakhir yang diduga menargetkan rute pasokan Iran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement