Ahad 26 Mar 2023 13:40 WIB

Apa yang Dimaksud Senjata Nuklir Taktis?

Rusia akan menempatkan senjata nuklir taktis di Belarusia.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Senjata nuklir (ilustrasi).
Foto: Amir Kholousi, ISNA via AP
Senjata nuklir (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia memiliki kesepakatan untuk menempatkan senjata nuklir taktis di wilayah negara tetangga Belarus. Presiden Vladimir Putin pada Sabtu (25/3/2023) mengatakan, langkah ini tidak akan melanggar perjanjian non-proliferasi nuklir.

Amerika Serikat (AS) mengatakan, dunia menghadapi bahaya nuklir paling parah sejak Krisis Rudal Kuba 1962. Ukraina dan sekutu Baratnya khawatir senjata nuklir taktis dapat digunakan dalam pertempuran setelah Putin dan pejabat lainnya memperingatkan bahwa Rusia siap menggunakan semua persenjataannya yang luas untuk pertahanan.  

Baca Juga

Apa yang dimaksud dengan senjata nuklir taktis?

Akademisi dan negosiator kontrol senjata telah menghabiskan waktu bertahun-tahun berdebat tentang bagaimana mendefinisikan senjata nuklir taktis (TNW).  Petunjuknya ada pada namanya, yaitu senjata nuklir yang digunakan untuk keuntungan taktis tertentu di medan perang.

Hanya sedikit orang yang tahu persis berapa banyak TNW yang dimiliki Rusia. Karena Rusia masih diselimuti tradisi kerahasiaan Perang Dingin.

Rusia memiliki keunggulan jumlah senjata taktis nuklir sangat besar atas Amerika Serikat dan aliansi militer NATO. Amerika Serikat yakin Rusia memiliki sekitar 2.000 hulu ledak taktis yang berfungsi, 10 kali lebih banyak dari Washington. Hulu ledak ini dapat dikirim melalui berbagai rudal, torpedo, dan bom gravitasi dari angkatan laut, udara, atau darat. 

Amerika Serikat memiliki sekitar 200 senjata nuklir taktis, dan setengahnya berada di pangkalan di Eropa. Bom nuklir B61 setinggi 12 kaki ini, dengan hasil berbeda dari 0,3 hingga 170 kiloton, dikerahkan di enam pangkalan di Italia, Jerman, Turki, Belgia, dan Belanda. Bom atom yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat di kota Hiroshima Jepang pada tahun 1945 berbobot sekitar 15 kiloton.

Siapa yang berhak memberikan perintah pelucuran senjata nuklir taktis Rusia?

Menurut doktrin nuklir Rusia, presiden adalah pembuat keputusan akhir dalam hal penggunaan senjata nuklir Rusia, baik strategis maupun non-strategis. Ketika Uni Soviet runtuh pada 1991, Rusia memiliki sekitar 22.000 TNW sedangkan Amerika Serikat memiliki sekitar 11.500. 

Sebagian besar senjata ini telah dibongkar atau sedang menunggu untuk dibongkar. Sementara sisanya disimpan di setidaknya 30 pangkalan militer dan silo di bawah kendali Direktorat Utama ke-12 Kementerian Pertahanan (GUMO ke-12) yang dipimpin oleh Igor Kolesnikov, yang melapor langsung ke menteri pertahanan.

Untuk mempersiapkan serangan TNW, kemungkinan Putin akan berkonsultasi dengan sekutu senior dari Dewan Keamanan Rusia sebelum memberikan perintah melalui staf umum. Hulu ledak digabungkan dengan kendaraan pengiriman dan disiapkan untuk perintah peluncuran potensial.

Karena Putin tidak dapat memprediksi tanggapan AS, seluruh postur nuklir Rusia akan berubah. Antara lain, kapal selam akan melaut, pasukan rudal akan disiagakan penuh dan pembom strategis akan terlihat di pangkalan. Mereka siap untuk segera lepas landas.

Bagaimana penempatan senjata nuklir taktis Rusia?

Setelah Soviet runtuh pada tahun 1991, Amerika Serikat melakukan upaya besar untuk mengembalikan senjata nuklir Soviet yang ditempatkan di Belarus, Ukraina, dan Kazakhstan ke Rusia, yang mewarisi persenjataan nuklir Uni Soviet.

Sejak senjata dikembalikan pada awal 1990-an, Rusia belum mengumumkan penyebaran senjata nuklir di luar perbatasannya. Pada Sabtu (25/3/2023), Putin mengatakan, perjanjian dengan Belarus tidak akan bertentangan dengan perjanjian non-proliferasi.

Perjanjian tentang Non-Proliferasi Senjata Nuklir, yang ditandatangani oleh Uni Soviet, menyatakan bahwa tidak ada tenaga nuklir yang dapat mentransfer senjata atau teknologi nuklir ke tenaga non-nuklir. Tetapi perjanjian tersebut mengizinkan senjata untuk dikerahkan di luar perbatasannya tetapi tetap berada di bawah kendali seperti senjata nuklir AS di Eropa.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement